Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pemdes dan BPD Rasabou Musdes Bahas Tentang Kewenangan Desa

Musdes Rasabou.

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) dan BPD Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima menggelar Musyawarah Desa (Musdes) tentang Kewenangan Desa. Musdes tersebut melibatkan perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat dan elemen lain, dilaksanakan di aula kantor desa setempat, Selasa (3/11) malam.

Kepala Desa (Kades) Rasabou, Suaidin SH mengatakan, Musdes tersebut menindak lanjuti terbitnya Peraturan Bupati Bima Nomor 34 tahun 2019 tentang daftar kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa.

Antara lain membahas ruang lingkup dalam Perdes, seperti kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berakala desa. Selain itu berkaitan dengan pembiayaan, pungutan desa dan lainnya.

“Salah satu contoh kewenangan desa berdasarkan hak asal usul yakni sistim organisasi masyarakat desa, pembinaan kelembagaan masyarakat, pembinaan lembaga dan hukum adat serta lainnya,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ketua BPD Rasabou, Syarifudin AMd mengatakan, hal ini dilakukan untuk menetapkan skala prioritas Peraturan Desa (Perdes) yang akan dirancang dan ditetapkan oleh BPD bersama dengan Pemdes yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat.
“Nanti Perdes tersebut akan menjadi landasan bagi Pemdes dalam melakukan berbagai agenda dan kegiatan dalam desa,” ucapnya.

Sambungnya, kegiatan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan termasuk dalam hal pengelolaan anggaran yang masuk ke desa.

Selain itu, Musdes ini sangat penting dilakukan. Agar nantinya desa dapat mengetahui kewenangan apa saja yang dapat diatur atau diurus oleh desa.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Diharapkan dengan adanya perdes tersebut tidak terjadi tumpang tindih kewenangan antara Pemdes dan pemerintah daerah,” pungkasnya. (BE07)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Terkait Program Land Consoludation (LC) Tahun 2009 di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima, pihak BPN Bima dituding cuci tangan dan tidak bertanggung...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dam Doro di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima rusak parah. Akibatnya tidak dapat menampung debit air untuk kebutuhan pertanian di wilayah desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima menggelar rapat kerja di Masjid As – Suada desa setempat, Sabtu...