Pendidikan

Pendamping PKH Mbawa – Donggo Gelar Kegiatan Wisata Literasi

Pendamping PKH, Dipati, SPd bersama anak-anak Dusun Mbawa Desa Mbawa.

Bima, Bimakini.- Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) bersama anak-anak Dusun Mbawa Desa Mbawa, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, gelar kegiatan Perpustakaan Keliling atau Wisata Literasi sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa.

Pendamping PKH, Dipati, SPd mengatakan, Perpustakaan Keliling dilakukan setiap Ahad sebagai langkah terkecil upaya mencerdasarkan anak bangsa di tengah kemajuan dan perkembangan zaman. “Kualitas generasi menentukan masa depan anak bangsa,” katanya, Ahad (22/11).

Lanjutnya, peran orang tua merupakan unsur penting dalam merawat dan menjaga anak-anak. Sehingga pendidikan kelurga sebagai alternatif terakhir dalam mengontrol serta membatasi ruang bermain anak pada hal yang tidak bermanfaat. “Menyadari hal demikian, melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sarangge Baca Bima, saya ambil bagian untuk kurangi konsentrasi anak pada permainan yang tidak bermanfaat seperti game online yang sudah melekat kuat pada ingatan anak-anak,” pungkasnya.

Era modern revolusi industri 4.0 ini, kata dia, generasi diperhadapkan dengan berbagai kemajuan teknologi yang begitu canggih. Hal ini tidak bisa dihindari baik kelas orang tua, dewasa maupun anak-anak. Ragam aplikasi bisa didapatkan melalui android seperti tik-tok, free fire, mobile legends dan lainnya.

“Aplikasi yang dinilai tidak bermanfaat ini, seolah tidak dapat dipisahkan dengan generasi dan sudah bersarang otak mereka, hingga dalam pikiran serta ingatan mereka hanya berfokus praktek dari aplikasi tersebut,” tuturnya.

Berangkat dari itu, menjadi tantangan terbesar untuk semua kalangan dalam membentengi serta mempersiapkan masa depan anak-anak yang lebih cerah. (BE10)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top