Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMAN 3  Gelar Pemilihan Ketua OSIS  Melalui e-Voting  Aplikasi Google Form

Pengurus OSIS yang terpilih.

Kota Bima, Bimakini.- Menyiasati pandemi Covid-19,  SMAN 3 Kota Bima  menggelar  pemilihan Pengurus OSIS dengan  sistem manual dan e-voting melalui aplikasi google form.

Ada 3 calon yang mengikuti pemilihan Ketua OSIS. Terpilih Miftakhul Alfarizi dan Muhammad Ardhi menjadi Ketua dan Wakil Ketua dengan meraih suara terbanyak, yaitu 133 suara dari 233 pemilih.

Pembina OSIS SMAN 3 Kota Bima, Yuniarti Fitriani menjelaskan, pemilihan pengurus OSIS tahun ini sistemnya mengalami perubahan. Karena di tengah pandemi Covid19 yang masih terus berlanjut, sehingga pihaknya menggunakan dua sistem pemilihan.

“Karena wabah corona masih berlanjut, akhirnya pihaknya memutuskan pemilihan pengurus OSIS menggunakan sistem manual pemungutan suara untuk siswa kelas X saja. Sedangkan untuk siswa kelas XI dan XII, menggunakan sistem e-voting atau google form,” ujarnya Senin (2/11).

Fitri menuturkan, pemilihan penggunaan dua sistem pemungutan suara tersebut sebagai langkah tepat di masa pandemi covid-19 ini. Karena selain bisa menghindari kerumunan siswa dalam jumlah banyak, dapat mencegah penyebaran virus.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Dengan bantuan teknologi informasi yang mudah diakses, siswa yang tidak bisa memberikan hak suara secara langsung di sekolah, bisa memberikan hak pilih di mana pun tempatnya melalui saran smartphone. Hal ini sesuai protokoler kesehatan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” katanya.

Sementara itu Kepala SMAN 3 Kota Bima, Syaiful menjelaskan, secara garis besar pemilihan pengurus OSIS merupakan agenda rutin setiap tahun dilaksanakan. Tentu ajang demokrasi ini sebagai sarana edukasi kepada siswa, karena sebagai calon pemilih pemula dalam Pemilu atau Pilkada yang dilaksanakan pemerintah.

“Kami ingin menciptakan budaya berdemokrasi yang baik, dengan menggunakan hak pilih untuk memilih pemimpin yang tepat menurut siswa,” bebernya.

Syaiful berharap dengan terpilihnya pengurus OSIS yang baru tersebut, dapat menjalankan program dengan baik dan benar. Sesuai dengan visi dan misi lembaga pendidikan, yaitu menciptakan generasi yang berakhlak, berkarakter, berprestasi, menguasai IPTEK dan peduli terhadap lingkungan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami siap membantu mensukseskan program pengurus baru, terutama kegiatan awal Workshop berbasis IT bagi pelajar. Terkait anggaran kegiatan, sekolah telah menyiapkan melalui dana BOS dan BPP,” tambahnya. (BE06)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini,- SMA Negeri 3 Kota Bima, Sabtu (20/5/2023) menggelar kegiatan Panen Karya Projek Penguatan profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan bertajuk “ Seribu...

Berita

Kota Bima, Bimakini,- Peduli balita stunting di wilayah Kelurahan Rabadompu Timur, Keluarga besar dan Dharma wanita SMAN 3 Kota Bima kembali mendistribusikan bantuan telur...

Berita

Bimakini, Kota Bima,- SMAN 3 Kota Bima melaksanakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) di lingkungan sekolah setempat, Sabtu (18/3/2023). Kegiatan yang merupakan agenda rutin...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Dalam rangka mendukung program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa tenggara Barat, Keluarga besar dan Dharma wanita SMAN 3 Kota Bima melakukan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Keluarga besar SMAN 3 Kota Bima ikut berpartisipasi memeriahkan pawai budaya memperingati Hari Kemerdekaan Ke-77 RI yang diselenggarakan Sabtu pagi (27/8/2022)....