Pendidikan

SMPN 8 Kota Bima Upacara Peringati HUT Ke-75 PGRI dan HGN

Upacara HUT PGRI di SMPN 8 Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 8 Kota Bima menggelar Upacara HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) yang dilaksanakan di lapangan sekolah setempat, Rabu (25/11).

Kepala Sekolah SMPN 8 Ridwan, S.Ag membacakan sambutan Ketua Umum Pengurus Besar PGRI. Momentum 25 November 1945 sebagai upaya mengenang kembali semangat dan niat mulia para guru di seluruh tanah air. Ketika puluhan organisasi guru yang berbeda paham dan golongan, sepakat melebur menjadi satu sehingga lahirlah Persatuan Guru Republik
Indonesia (PGRI).

Dengan dijiwai semangat proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, PGRI hadir sebagai wadah perjuangan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan, serta berkhidmat memajukan pendidikan nasional.

Setelah 75 tahun Indonesia merdeka, jati diri PGRI sebagai organisasi profesi yang
independen, unitaristik, dan non-partisan senantiasa dijaga, dan melekat di dada pengurus,
pejuang, aktivis, dan para guru.

Sebagai rumah besar perjuangan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan, PGRI terus bergerak, mengabdi, dan memperbarui diri agar senantiasa adaptif dan responsif terhadap perubahan.

Pada perayaan peringatan ke-75 tahun, PGRI terus berjuang memajukan pendidikan dan
sebagai wadah perjuangan para guru, pendidik, dan tenaga kependidikan. Maka tema
peringatan HUT ke-75 PGRI dan HGN adalah “Dari PGRI untuk Indonesia, Kreativitas dan
Dedikasi Guru Menuju Indonesia Maju”.

Betapa penting peran guru sebagai manusia pengubah yang berkarakter kreatif, inovatif, dan berdedikasi. Guru yang berkarakter
demikian akan memancarkan fajar penerang di sekelilingnya yang ditumbuhkan melalui proses pendidikan yang mengembangkan budi pekerti sehingga mendorong siswa mengembangkan potensinya, dan menjadi pembelajar mandiri sepanjang hayat.

Beragam Inovasi dihadirkan untuk Indonesia antara lain, Olimpiade Virtual Gurulympics, peluncuran TV Streaming Tunas TV, Aplikasi Bantu Guru, Inovasi Pembelajaran dalam PGRI Smart Learning and Character Center, WAVE (Webinar and Virtual Workshop) dan beragam inovasi dari PGRI berbagai daerah yang kami
persembahkan sebagai tekad untuk menolak menyerah karena covid-19, menolak menyerah kepada berbagai keterbatasan yang dihadapi dalam bekerja. (BE06)

Share
  • 25
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top