Pemerintahan

Zona Merah, Tim Covid-19 Kota Bima Akan Mulai Berlakukan Tindakan Tegas

Kepala Dikes Kota Bima, Drs H Azhari, MSi

Kota Bima, Bimakini.- Kota Bima kembali zona merah. Untuk meminimalisir terus bertambahnya warga terpapar, tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bima akan mulai memberlakukan tindakan pada tempat menimbulkan kerumuman tidak taati protokol Covid-19.

Langkah tersebut diambil dari hasil pertemuan dilakukan tim gugus tugas Covid-19 kota Bima di ruang kerja kepala Dikes dihadiri Kasat Intelkam Polres Bima-kota, Kepala BPBD dan jajaran Dikes, Rabu (17/11).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima H Azhari mengatakan pertemuan ini menindaklanjuti terus bertambahnya pasien CCovid-19. Sesuai data terakhir warga Kota Bima positif Covid-19 sebayak 156 orang. Statusnya ada menjalani karantina atau isolasi mandiri maupun dirawat atau jalani isolasi di rumah sakit.

Penetapan Kota Bima sebagai daerah zona merah penyebaran covid-19, indikatornya selain melihat jumlah pasien Covid-19 juga karena ada sebayak 1415 lainnya kontak erat dengan orang yang positif.

Banyaknya jumlah pasien dan kontak langsung perlu ada upaya lebih untuk memutus penyebaran Covid-19. Salah satu mengembalikan lagi pemberian saksi dan atau penindakan pada setiap lokasi kerumuman yang tidak mentaati Protokol Covid-19.

Ini untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, pun bukan saja oleh tim gugus tugas tingkat kota tetapi seluruh unsur sampai ketingkat RT dan RW mulai saat ini kembali memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. “Sudah tak lagi imbauan, tim akam mulai melakukan pengawasan disetiap tempat keramaian bahkan bila terpaksa menghentikan kegiatan,” tegasnya.

Masyarakat juga dimbau taati protokol Covid-19, jangan anggap enteng penyebarannya.

Di tempat yang sama, Kepala BPBD Kota Bima H Sarafudin menyampaikan, masyarakat harus menyadari bahwa ini virus berbahaya dan tidak boleh lagi menganggap enteng. Penularannya pun dapat dengan mudah jika masyarakat masih tidak peduli.

Memang tindakan harus dilakukan untuk mencegah ini, Tim Gugus Tugas sampai tingkat kelurahan juga harus proaktif memperingatkan masyarakat. Jika tidak memenuhi protokol, maka harus ditindak.

Sementara Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kota Bima Syarifuddin menyampaikan perkembangan virus Covid-19 yang semakin kuat dalam penyebarannya. Karena dari sisi epidemiologi saat ini kemampuan virus sudah semakin ganas. Penyebarannya pun akan sangat mudah. Maka perlu kesadaran bersama seluruh lapisan agar memutus mata rantai penyebarannya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. (BE06)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top