Politik

Hari Pencoblosan, Bawaslu Dompu Perketat Pengawasan Prokes Covid19

Bimtek Pengawas TPS.

Dompu, Bimakini. – Jelang hari pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu pada Rabu 9 Desember 2020, Bawaslu Kabupaten Dompu melalui masing-masing Pengawas Pemilihan Kecamatan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada Pengawas TPS, Kamis (3/12).

Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Drs Irwan., menyatakan bahwa, pengawas TPS merupakan ujung tombak pengawasan yang dimiliki Bawaslu. Selain melakukan pengawasan agar memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan sesuai ketentuan dan aturan yang ada.

Pengawas TPS juga melakukan pengawasan terhadap ketaatan KPPS dan pemilih dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Terutama dengan cara menjaga jarak paling kurang 1 meter, menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu, menyediakan sarana sanitasi berupa fasilitas cuci tangan dengan air mengalir dan sabun di TPS, dan/atau handsanitizer.

“Dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini, Pengawas TPS juga harus mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Drs Irwan saat memberikan materi Bimtek kepada Pengawas TPS se Kecamatan Dompu di Cafe Wombo O’o, tadi pagi.

Selain itu, pengawas TPS juga bertugas untuk mengawasi mulai dari persiapan pemungutan dan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan penghitungan suara, dan mengawasi pelaksanaan penghitungan suara.

“Pengawas TPS juga memiliki kewenangan menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan, dan/atau penyimpangan admistrasi pemungutan dan penghitungan suara. Menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara,” jelasnya.

Katanya, selain tugas dan kewenangan tersebut. Pengawas TPS juga berkewajiban menyampaikan laporan hasil pengawasan, menyampaikan laporan dugaan pelanggaran pidana pemilihan yang terjadi di TPS kepada Panwaslu Kecamatan melalui Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) serta menyampaikan dokumen hasil pemungutan dan penghitungan suara.

“Pengawas TPS merupakan bagian penting dalam pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020. Kehadiran Pengawas TPS diharapkan dapat mencegah pelangaran dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara oleh KPPS di TPS,” urainya. (BE11)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top