Hukum & Kriminal

Majelis Hakim Tolak Permohonan Praperadilan Wakil Wali Kota Bima

Sidang Putusan Pra Pradilan Kasus Dermaga Bonto.

Kota Bima, Bimakini.- Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Raba-Bima menolak seluruh permohonan praperadilan diajukan Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan, SH, atas penetapannya sebagai tersangka dalam kasus pembangunan dermaga Bonto.

Sidang Putusan PN Raba-Bima digelar Selasa (15/12) pukul 09.00 wita itu dengan agenda pembacaan putusan oleh Majelis Hakim.

Sidang yang diketuai Majelis Hakim tunggal, Horas El Cairo Purba, SH, MH dengan panitera pengganti Arif Fuad, SH dihadiri masing-masing Tim Penasehat Hukum (PH) dari Wakil Walikota Bima selaku pemohon dan dihadiri pula masing-masing PH termohon yakni Polres Bima Kota.

Sebagaimana agenda lanjutan Praperadilan pembacaan putusan, Majelis Hakim, Horas El Cairo, mengawali pembacaan poin-poin penting yang disadur selaman proses dan tahapan praperadilan sebagai pertimbangan sebelum berujug pada pembacaan putusan.

Sekitar 55 menit lamanya Majelis Hakim tunggal Horas El Cairo membacakan berbagai narasi pertimbangan atas proses Praperadilan tersebut, kemudian membacakan dan atau menyampaikan isi dari putusan.

Majelis Hakim memutuskan menolak sepenuhnya permohonan praperadilan yang diajukan Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan yang dikuasakan pada Tim PH-nya sebagai pemohon.

Sebelumnya Majelis Hakim menyampaikan, sidang praperadilan tidak diberikan kesempatan untuk melakukan upaya hukum lainya dan atau putusan Majelis Hakim pada praperadilan sifatnya mengikat.

Sebelumnya Wakil Walikota Bima melalui PH, Al Imran SH mengajukan permohonan praperadilan penetapan tersangka Wakil Walikota Bima selaku pribadinya Dengan alasan pasal dan Undang-undang disangkakan oleh penyidik kepolisian sudah tak berlaku karena sudah digantikan dengan UU 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja.Termasuk kejanggalan tanggal SPDP.(BE06)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top