Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Pilkada Aman, Kapolres Dompu Apresiasi Partisipasi Masyarakat

Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat SH, SIK

Dompu, Bimakini. – Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat SH, SIK., menyampaikan apresiasinya kepada seluruh elemen masyarakat yang telah terlibat secara bersama-sama mensukseskan Pilkada Kabupaten Dompu tahun 2020 yang kondusif dan damai.

“Saya harus apresiasi kepada masyarakat yang menjunjung tinggi nilai demokrasi sehingga mampu mencegah berbagai macam gejolak di tengah masyarakat,” ucap Kapolres Dompu usai pleno hasil penghitungan suara di KPU Dompu, Rabu (16/12).

Kata dia, selain adanya dukungan dari warga masyarakat. Situasi kondusif, damai dan sejuk selama pelaksanaan Pilkada 2020 itu juga disebabkan karena penyelengara pemilihan di jajaran KPU dan Bawaslu Kabupaten Dompu yang konsisten menjunjung tinggi kejujuran, integritas dan adil dalam menjalankan tugas dalam setiap tahapan Pilkada.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI, KPU, Bawaslu termasuk kepada jajaran Polri sendiri yang memiliki dedikasi yang tinggi dalam pengabdian kepada masyarakat,” terangnya.

Terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 selama tahapan Pilkada. Dirinya mengaku tidak menutup mata. Katanya, berdasarkan rilis Bawalsu RI dan Bawaslu Kabupaten Dompu, terdapat beberapa pelanggaran terhadap protokol kesehatan Covid-19.

“Diwilayah hukum Polda NTB terdapat 64 pelangaran protokol kesehatan. Untuk Kabupaten Dompu datanya ada di Bawalsu. Intinya kami tidak menutup mata, dari awal pendaftaran, penetapan berjalan sesuai harapan,” terangnya.

Seiring jalannya waktu, lanjutnya, telah ditetapkan PKPU yang mengatur tentang kampanye. Para calon saat kampanye sebagian telah menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan sarana cuci tangan, handsanitaizer dan membagikan masker. Namun banyak ditemukan peserta kampanye lebih dari yang ditentukan.

Menurutnya, dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada 9 Desember 2020. Masyarakat telah patuh dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat hadir memberikan hak pilih di TPS. Terutama memakai masker, mengukur suhu tubuh, dan tidak berkerumunan.

“Tetapi dari awal tahapan Pilkada hingga kini, ada pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Tetapi tidak signifikan, lebih banyak yang taat dibandingkan dengan yang melanggar,” terangnya.

Kapolres Dompu berharap agar seluruh elemen masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19. Hal itu penting dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus Corona ini.

“Wajib menggunakan alat pelindung diri paling kurang berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu saat beraktivitas diluar rumah, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, dan/atau cairan antiseptik berbasis alkohol (handsanitizer) serta menghindari kerumunan,” ingatnya. (BE11)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Upaya mediasi kasus penganiayaan terhadap ibu hamil, Aisyah asal Desa Riwo, Kecamatan Woja yang dilakukan Polsek Woja dengan terduga pelaku HAY...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Upaya mendinginkan suasana pasca kericuhan antara anggota polisi dengan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu saat aksi penolakan kenaikan harga...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Niat menelerai anaknya yang berkelahi saat acara organ malam, seorang bapak bernama Haeruddin (42) asal Desa Riwo, Kecamatan Woja dibacok 3...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Dugaan mafia proyek dan dugaan tindak pidana korupsi atas pengerjaan proyek irigasi Soriparanggi Desa Pekat, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu tahun anggaran...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Sejumlah keluarga dan puluhan warga Desa Saneo, Kecamatan Woja menggelar aksi unjuk rasa depan Mapolres Dompu, Jum’at (22/07/2022) pagi. Kehadiran mereka...