Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Pilkada di Tengah Pandemi, Partisipasi Pemilih di Dompu Meningkat, 93.53 Persen

Pleno rekapitulasi suara tingkat KPU Kabupaten Dompu.

Dompu, Bimakini. – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dompu tahun 2020 dilaksanakan di tengah bencana non alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Meskipun demikian, partisipasi pemilih justru meningkat drastis, bahkan urutan tertinggi se NTB dan urutan kelima tingkat nasional.

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs Arifuddin menyatakan, tercapainya partisipasi pemilih diatas target tersebut disebabkan karena intensnya jajaran KPU dan Bawaslu melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memberikan hak pilihnya dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020.

Katanya, sosialisasi itu dilakukan oleh KPU, PPK dan PPS ditempat-tempat sosial kemasyarakatan hingga ditempat-tempat ibadah. Serta pada instansi pemerintah dan sekolah.

“Partisipasi pimilih kita mencapai 93.53 persen. Kabupaten Dompu urutan tertinggi se NTB dan urutan ke lima secara nasional,” sebut Ketua KPU Dompu usai rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tingkat KPU Dompu, Rabu (16/12).

Katanya, selain tingginya tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Dompu. Tingkat kesadaran dan kepatuhan warga masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan Covid-19 saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada 9 Desember 2020 juga cukup tinggi. Hal itu dapat lihat tidak ada kerumunan di TPS, pemilih mampu menjaga jarak dan menggunakan masker selama memberikan hak pilih.

“Ini dipengaruhi oleh adanya penetapan waktu atau jam mencoblos oleh KPPS kepada pemilih. Jadi, pemilih datang ke TPS berdasarkan waktu/jam yang ditetapkan oleh KPPS. Ini menunjukkan ada kesadaran yang cukup tinggi dari masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan Covid-19,” urainya.

Sementara itu, dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tingkat KPU Dompu, Rabu (16/12) yang dihadiri, Kapolres Dompu, Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Dompu dan masing-masing saksi paslon.

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs Arifuddin menetapkan hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020. Diantaranya, pasangan calon Bupati Dompu, Hj Eri Aryani Abubakar – H Ikhtiar SH (ERI-HI) memperoleh 50.105 suara.

Pasangan calon Kader Jaelani – H Syahrul Parsan ST, MT (AKJ-SYAH) memperoleh 58.039 suara. Sedangkan pasangan calon Bupati H Syaifurahman Salman – Ika Rizky Veryani (SUKA) memperoleh 43.420 suara.

Hal senada disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Drs Irwan. Katanya, Bawaslu Kabupaten Dompu melalui jajarannya Panwascam, Pengawas Desa/Kelurahan (PKD) dan Pengawas TPS tidak menemukan adanya pelangaran protokol kesehatan Covid-19 yang signifikan dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

“Setiap TPS di Desa/Kelurahan rata-rata sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada. Meskipun ada sebagian kecil KPPS tidak menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan tidak mengukur suhu tubuh pemilih sebelum masuk TPS. Tetapi ketika telah diingatkan Pengawas TPS langsung ditindak lanjuti,” terangnya. (BE11)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu mendapatkan Peringkat Pertama yang informatif dalam bidang Badan Publik Penyelenggara Pemilu se Provinsi Nusa Tenggara...

Politik

Dompu, Bimakini. – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Abdul Kader Jaelani – H Sahrul Parsan ST, MT (AKJ-SYAH) resmi ditetapkan sebagai Bupati...

Politik

Dompu, Bimakini.-   Akhirnya KPU Kabupaten Dompu,  Kamis  (21/1) melalui Rapat Pleno Terbuka menetapkan AKJ – Syah menjadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Dompu hasil...

Politik

Dompu, Bimakini. – Dari tujuh Kabupaten/Kota di NTB yang menggelar PIlkada serentak tahun 2020. Informasinya, ada tiga daerah yang mengajukan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP)...

Politik

Dompu, Bimakini.-  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, Drs Arifudin mengapresiasi ketaatan masyarakat Kabupaten Dompu terhadap penerapan Protokol Kesehatan. “Tingkat kepatuhan dan kesadaran...