Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Salurah Drainase Sumber Sari Laju Alami Rusak Parah

Kondisi drainase yang rusak.

Bima, Bimakini.- Saluran Drainase di Dusun Sumber Sari Desa Laju, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, alami rusak parah. Pasalnya, setiap musim hujan jadi langganan hantaman derasnya arus air dari pegunungan.

Drainase dengan panjang kurang lebih 400 meter itu, jadi saluran utama. Saluran drainase tersebut pada awalnya memiliki empat deker yang jadi penghubung antar RT maupun jalan pertanian.

Setiap musim hujan, derasnya arus air yang datang dari pegunungan menghantam semua deker. Saat musim panas, masyarakat setempat biasanya membuat penghubung tradisional dengan menggunakan tiang maupun papan dari kayu yang hanya bisa dilewati dengan jalan kaki dan motor.

Parahnya saat sekarang, sepanjang drainase alami rusak parah. Sehingga masyarakat di dusun sumber sari jadi langganan banjir dan tempat tumpuan lumpur dan kayu pegunungan. Hal ini dirasakan oleh masyarakat setempat setiap tahun.

Kejadian ini dianggap musibah oleh masyarakat setempat, dan menaruh harapan pada Pemerintah mulai dari Desa, Kabupaten, Provinsi maupun dari Pusat untuk perbaikinya.

“Harapan besar masyarakat Desa Laju Dusun Sumber Sari, khususnya kami yang tinggal di bibir saluran kepada pemerintah untuk melihat musibah yang kami alami. Bahkan dengan kondisi yang ada, kalau tidak ada langkah cepat dan tepat dari pemerintah, rumah yang kami tempati akan ikut terseret arus,” kata Bambang salah satu warga yang tinggal dibibir saluran yang memiliki rumah hampir terseret arus.

Lebih lanjut Ketua BPD, Najamudin mengatakan, saluran drainase yang rusak parah ini, sudah berlangsung beberapa tahun terakhir. Harapan pada pemerintah, dibahas dan dipersiapkan anggaran untuk perbaikan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bima, kami menaruh harapan untuk perbaikan saluran drainase yang sudah alami rusak parah ini,” kata Najamudin. (BE10)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hujan deras mengguyur Desa Waworada, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, Senin (15/4) dan mengakibatkan banjir. Pasalnya, saluran drainase yang sangat sempit, hingga air...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Saluran drainase di Dusun Sumber Sari, Desa Laju, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, makin memerihatinkan. Bahkan jalan pun ikut  terkikis. Pantauan Bimakini.com. semua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pekerjaan reviltasi drainase di Desa Madawau, Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, diduga asal – asalan. Kualitas pekerjaan tidak bagus. “Kita menduga pihak pelaksana...

Peristiwa

  Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pengerjaan hotmix jalan di Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, sebagian sudah dilakukan. Namun, masih ada sorotan warga....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima menangani anggaran proyek bencana pascabanjir, belum dapat dikonfirmasi soal sorotan   anggota DPRD Kota...