Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

172 Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS Ikut Pembinaan

Penyuluhan bagi penyuluh lingkup Kemenag Kabupaten Bima.

Bima, Bimakini.- Sebanyak 172 Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS dan Penyuluh Agama Islam PNS Kabupaten Bima, Selasa (19/1), mengikuti Pembinaan Penyuluh Agama Islam di Aula Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Bima. Pembinaan yang berlangsung sehari, bertajuk ‘Pengarusutraman Moderasi Agama dan Wawasan Kebangsaan’ dibuka oleh Kepala Kemenag Kabupaten Bima, Drs H A Munir.

Kehadiran peserta diawali   dengan menggunakan hand sanitizer di pintu masuk, harus menggunakan masker sesuai protokol kesehatan Covid 19. Peserta kemudian, didata dan menandatangani absen secara ketat oleh panitia melalui satu pintu masuk  sebelum memasuki ruangan pembinaan. Kegiatan itu cukup menyita waktu hingga jadwal kegiatan molor beberapa saat dari Pukul 09.00 Wita. Pembinaan yang dipandu oleh Sudirman, S.PdI diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh Syahrir, S.Pd.

Kepala Kemenag Kabupaten Bima, Drs H A Munir, menegaskan, penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS hendaknya memerhatikan tugas dan fungsinya (Tupoksi) yakni mencerdaskan masyarakat mengenai pengarusutraman moderasi agama dan wawasan kebangsaan. Saat ini ada banyak orang yang sok tahu tentang agama padahal baru belajar dan suka menyalahkan orang lain. Oleh karena itu, PAI sebagai ujung tombak Kementerian Agama hendaknya memahami karakter masyarakat binaan, budaya dan kebiasaannya dan cerdas mengelola berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, sekaligus mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

Selain itu, katanya, PAI Non PNS buktikan kinerjanya dengan melapokan kegiatannya karena kegiatan mereka bukan hanya dalam kata, tetapi juga dibuktikan dengan foto kegiatan dalam bentuk membuat laporan kegiatan. “Kita tahu mana penyuluh yang bekerja baik, tetapi ada juga penyuluh yang hanya sekadar membuat laporan dengan merubah tanggal dan bulannya,” katanya.

Sebagai ujung tombak Kemenag, PAI Non PNS dan PNS di Kabupaten Bima bisa memposisikan diri sebagai syiar agama, media informasi, mediasi bagi masalah yang dihadapi masyarakat, dan lain-lainnya. Saat bersama masyarakat jangan takut bertanya dan mendengarkan keluhan dan masalah yang dihadapi mereka.

Hal senada dikemukakan pemateri sekaligus Kasubag TU, H Mujiburrahman, S.Ag. Dia mengingatkan pentingnya melasanakan tugas mulia itu dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab. Ajakan yang dilakukan penyuluh dalam menyampaikan firman Allah merupakan perkataan yang terbaik. Namun, sebagai pembuktian kegiatan kepenyuluhan harus diikuti dengan membuat  laporan.  Bahkan penyuluh yang tidak patuh akan ditahan  honornya. Karena itu, ikuti aturan yang ada demi keselamatan bersama.

Ketua Panitia, Azis, SE, meminta kepada PAI Non PNS untuk tetap melaksanakan tugas dan membuat laporan bulanan. Jika tidak dibuatkan laporan maka akan dipersoalkan memberikan honor atau gaji dengan memperkaya orang lain.

Usai pembukaan pembinaan Pengarusutraman Moderasi Agama dan Wawasan Kebangsaan disampaikan pemateri dari Ketua Pokjaluh Kabupaten Bima, H Abbas, S.Ag dan Penyuluh Agama Islam Non PNS teladan, Dr Abdul Munir, M.PdI.

Usai pembukaan Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Bima, H Mansyur, S.Ag, memberikan penghargaan kepada PAI PNS dan Non PNS  teladan tingkat Kabupaten Bima 2020. Untuk PAI PNS diraih H Abbas, S.Sos.I, Husni Mubarrak, S.Ag, Syahlani, S.Ag. Non PNS diraih, Ramdani Fajar, M.Pd, Muslim, MA, dan Dr Abdul Munir, M.PdI . (BE02)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ini perigatan keras bagi Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS agar tidak main-main dalam melaksanakan tugas dan fungsi (Tupoksinya). Apalagi, tidak bisa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Peserta Pelatihan Teknis Substantif Moderasi (PAI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima, Kamis (13/8) mengikuti materi melalui zoom metting. Pemateri adalah Kepala Balai...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebanyak 40 Penyuluh Agama Islam Non PNS Kabupaten Bima, Senin (10/8), mengikuti Pelatihan Teknis Substantif Moderasi Beragama Angkatan VI. Kegiatan yang berlangsung...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sebanyak 144 Penyuluh Agama Non Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima, Kamis (27/2), menerima Surat Keputusan (SK) dari...

Pemerintahan

Dompu , Bimakini.- Kementrian Agama Dompu menggelar tes penyuluh agama Non PNS, Ahad (8/12).  Tes berlangsung di Madrasah Aliyah Negeri Dompu ikuti 172 peserta...