Pemerintahan

2021, Saluran Irigasi di Bendungan Diwu Moro Menuju Kangga, Dianggarkan

saluran irigasi induk bendungan Diwu Moro.

Bima, Bimakini.- Program dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Kangga, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, membuat saluran irigasi induk bendungan Diwu Moro.

Kades Sangga, Syamsudin, SSos mengatakan, yang akan dibuatkan saluran irigasi induk bendungan Diwu Moro, bukan saluran tesier. “Program ini sudah dirancang dari bulan desember 2019,” katanya baru ini.

Lanjutnya, program tersebut terhambat karena adanya bencana non alam, yaitu Covid19. Sehingga, sebagian program pemerintah tidak terlaksana, bahkan perputaran ekonomi menurun drastis.

“Banyaknya program tidak terlaksana, karena pengurangan dan terhapusnya anggaran,” tuturnya.

Karena kendala tersebut kata Syamsudin, perlu dintinjau kembali di tahun 2021. Dalam penetapan pagu anggaran murni BWS NTB bulan enam sampai bulan tujuh 2021, oleh tim konsultan dan perencena dari BWS, akan dikerjakan. Pengadaan saluran irigasi ini, dianggap penting oleh masyarakat khususnya di Desa Kangga.

“Saluran induk bukan saluran tersier tersebut, manfaatnya banyak. Karena, lebih kurang 89 hektar lahan yang dapat manfaat dari aliran airnya” pungkasnya. (BE10)

Share
  • 35
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top