Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Desa Bugis Diterjang Banjir, Ratusan Rumah Tergenang

Kondisi banjir yang terjadi di Desa Bugis.

Bima, Bimakini.- Sejumlah dusun di Desa Bugis Kecamatan Sape Kabupaten Bima, Rabu (06/01) sore hingga malam kemarin diterjang banjir. Akibatnya ratusan rumah warga tergenang hingga warga terpaksa mengevakuasi barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Sejumlah dusun yang paling parah diterjang banjir dijelaskan Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wicaksono S Ik, antara lain Dusun Bajo Sarae dan Dusun Gusung Desa Bugis.

“Banjir mulai melanda sekitar pukul 17.55 WITA, utamanya di RT 12, 13 sampai RT 15 Dusun Gusung. Banjir ini juga akibat meluapnya air sungai Jangka Sape,” tutur Kapolres kepada wartawan Rabu (06/01) malam.

Ketinggian banjir yang menggenangi perumahan warga tersebut lanjut Kapolres hingga mencapai lutut orang dewasa. Tak pelak sebagian warga harus mengevakuasi barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.

“Anggota kami yakni Bhabinkamtibmas Desa Bugis Aipda Jainal Arifin terus menghimbau kepada warga sekitar untuk tetap tenang dan ikut membatu warga binaannya yang melakukan evakuasi barang-barangnya,” terangnya.

Setelah air bah menggenangi rumah warga hingga beberapa jam lamanya, sekitar pukul 21.25 WITA, sejumlah lokasi yang tergenang mulai surut. Warga pun bebernya langsung membersihan lumpur di dalam rumah mereka masing-masing.

“Alhamdulillah akibat banjir ini tidak ada menimbulkan korban jiwa. Pemukiman warga yang tergenang banjir juga tidak sampai rusak,” urainya.

Kapolres menyebutkan banjir ini merupakan dampak banjir kiriman dari wilayah Kecamatan Wawo dan Desa Sari Kecamatan Sape, yang dimana kebiasaan warga sekitar mengalihkan fungsikan hutan menjadi lahan pertanian.

“Juga akibat meningkatnya curah hujan di wilayah Wawo dan Desa Sari serta meluapnya air Sungai Jangka Sape,” tutupnya. (BE09)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Banjir yang terjadi Rabu (21/2/2024) malam di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, menyebabkan satu jembatan putus. Selain itu sejumlah rumah...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pj. Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) untuk mengantisipasi potensi luapan banjir di DAS Padolo, Senin 12...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Banjir setinggi paha orang dewasa menerjang dua desa di Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (15/11/2023). Masing-masing pemukiman...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pj. Wali Kota Bima, HM. Rum, menyoroti perlunya ikhtiar pembangunan infrastruktur banjir sebagai upaya mitigasi berulangnya kejadian banjir bandang tahun 2006...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI  menyalurkan bantuan logistik dan peralatan atas bencana banjir dan longsor yang terjadi di Bima. Bantuan diterima...