Ekonomi

Di Tahun Pertama, Perumda Bima Aneka Akan Optimalkan Pengenalan BUMD

H Muhammad Lutfi, SE

Kota Bima, Bimakini.- Di tahun pertama, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bima Aneka akan optimalkan pengenalan BUMD kepada masyarakat luas. Hal ini mengemuka ketika pemaparan rencana bisnis dan rencana kerja anggaran Perumda Bima Aneka, Rabu 13 Januari 2021 di Kediaman Wali Kota Bima.

Pemaparan oleh Direktur Perumda Bima Aneka, Zulhaidin, SE dihadapan Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi, SE. Dalam pemaparan rencana bisnis dan anggaran kerja, terdapat tiga fokus kegiatan utama di tahun pertama ini.

Yakni, penguatan kelembagaan, pelaksanaan unit usaha atau produksi dan pemenuhan operasional.

Selain itu, terdapat berbagai macam jenis produksi yang menjadi prioritas dalam Perumda Bima Aneka diantaranya adalah etalase BUMD, Packaging, dan BUMD Ticketing.

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfii, SE, memberi penekanan pada penguatan pengenalan dan promo produk BUMD tersebut. “Tahun pertama itu tahun pengenalan,” ujarny.

Pengenalan yang dimaksud, bertujuan untuk melihat kemampuan BUMD tersebut di tahun pertamanya memulai usaha serta memiliki langkah strategis guna menghindari kebangkrutan (collapse).

Wali Kota Bima berharap, nantinya Perumda Bima Aneka mampu menghasilkan inovasi produk yang hanya ada di Kota Bima. Hal ini yang menambah daya jual dari produk tersebut. Tidak hanya mampu menaikkan nilai jual, namun juga menjadikan produk besutan Perumda Bima Aneka tersebut sebagai cindera mata khas kota Bima.

“Trading diperkuat, siapkan kardus packaging paket, bikin sendiri sehingga kita punya ciri khas,” tegasnya.

Lebih lanjut, dimintanya kepada BUMD Bima Aneka untuk dapat membangun tempat produksi yang menyatu dengan kantor dan gudang. Tujuannya adalah agar kontrolnya menjadi lebih mudah dan maksimal.

“Kantor dan tempat produksi disatukan agar kontrolnya kuat,” ujarnya.

Diarahkannya pula kepada Perangkat Daerah terkait untuk membangun komunikasi yang intens. Komunikasi yang baik akan memberikan pertumbuhan yang baik pula bagi usaha tersebut untuk berkembang. (BE06)

Share
  • 14
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top