Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Di Tahun Pertama, Perumda Bima Aneka Akan Optimalkan Pengenalan BUMD

H Muhammad Lutfi, SE

Kota Bima, Bimakini.- Di tahun pertama, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bima Aneka akan optimalkan pengenalan BUMD kepada masyarakat luas. Hal ini mengemuka ketika pemaparan rencana bisnis dan rencana kerja anggaran Perumda Bima Aneka, Rabu 13 Januari 2021 di Kediaman Wali Kota Bima.

Pemaparan oleh Direktur Perumda Bima Aneka, Zulhaidin, SE dihadapan Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi, SE. Dalam pemaparan rencana bisnis dan anggaran kerja, terdapat tiga fokus kegiatan utama di tahun pertama ini.

Yakni, penguatan kelembagaan, pelaksanaan unit usaha atau produksi  dan pemenuhan operasional.

Selain itu, terdapat berbagai macam jenis produksi yang menjadi prioritas dalam Perumda Bima Aneka diantaranya adalah etalase BUMD, Packaging, dan BUMD Ticketing.

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfii, SE, memberi penekanan pada penguatan pengenalan dan promo produk BUMD tersebut. “Tahun pertama itu tahun pengenalan,” ujarny.

Pengenalan yang dimaksud, bertujuan untuk melihat kemampuan BUMD tersebut di tahun pertamanya memulai usaha serta memiliki langkah strategis guna menghindari kebangkrutan (collapse).

Wali Kota Bima berharap, nantinya Perumda Bima Aneka mampu menghasilkan inovasi produk yang hanya ada di Kota Bima. Hal ini yang menambah daya jual dari produk tersebut. Tidak hanya mampu menaikkan nilai jual, namun juga menjadikan produk besutan Perumda Bima Aneka tersebut sebagai cindera mata khas kota Bima.

“Trading diperkuat, siapkan kardus packaging paket, bikin sendiri sehingga kita punya ciri khas,” tegasnya.

Lebih lanjut, dimintanya kepada BUMD Bima Aneka untuk dapat membangun tempat produksi yang menyatu dengan kantor dan gudang. Tujuannya adalah agar kontrolnya menjadi lebih mudah dan maksimal.

“Kantor dan tempat produksi disatukan agar kontrolnya kuat,” ujarnya.

Diarahkannya pula kepada Perangkat Daerah terkait untuk membangun komunikasi yang intens. Komunikasi yang baik akan memberikan pertumbuhan yang baik pula bagi usaha tersebut untuk berkembang.  (BE06)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima rupanya membekukan aktivitas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bima Aneka. Pembekuan akan dilakukan oleh Tim pembekuan perusahaan umum Daerah...

Opini

Oleh : Munir Husen (Dosen STIH Muhamadiyah Bima)   Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, diatur tentang Badan Usaha Milik Daerah. BUMD...

CATATAN KHAS KMA

HARI ini begitu heboh. Heboh soal Perumda Bima Aneka itu. Sebetulnya bukan hanya hari ini saja. Kemarin-kemarin juga. Juga hari-hari sebelumnya. Selalu saja heboh....

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini. – Gaji dan tunjangan Direksi Perumda Bima Aneka lebih tinggi dari gaji Wali Kota dan anggota DPRD Kotta Bima, yakni  menyentuh...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Ternyata pembentukan dan aktivitas Perumda Bima Aneka sampai saat ini belum ada acuan, hanya Perda belum didukung melalui Peraturan Walikota (Perwali)....