Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Meski Telah di Vaksin, Gubernur NTB Himbau Warga Tetap Terapkan 5 M

Dr. H. Zulkieflimansyah.

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, meski setelah menerima vaksin Covid-19. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi.

“Setelah vaksin Covid-19 tahap I dan II dilakukan, bukan berarti kita boleh abai terhadap protokol kesehatan. Seakan-akan kita sudah merdeka dari virus. Padahal jika abai masih mungkin terpapar”, ingat Gubernur, Kamis (28/1/2021).

Gubernur mengajak masyarakat untuk betul-betul patuh dan tetap disiplin menjalankan 5 M guna mempercepat proses memutus mata rantai penularan Covid-19. Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak mempercayai berbagai berita hoax tentang vaksin yang tersebar diberbagai media.

“Banyak sekali horor story, seperti setelah disuntik vaksin ada yang meninggal dan lain-lain, padahal sebenarnya saya disuntik vaksin pun biasa saja. Semoga ini menjadi semangat kepada masyarakat agar ingin juga divaksin,” pesannya.

Pada kegiatan vaksinasi tahap II, sebanyak 20 penerima vaksin Covid-19 terdiri dari Gubernur NTB, Wakil Gubernur NTB, Forkopimda, Organisasi Profesi, Tokoh Maysarakat dan Tokoh Agama. Selain itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB terkait tenaga kesehatan yang telah divaksin, hingga 28 Januari 2021, mencapai 4.588 orang dari target 9.207 orang tenaga kesehatan.

Pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kota Mataram dan Lombok Barat telah dilakukan di 48 sarana kesehatan yang tersebar di dua daerah ini. Selanjutnya vaksin Covid-19 juga mulai didistribusikan untuk Kabupaten/Kota yang ada di Pulau Sumbawa sebanyak 18.600 dosis vaksin. Yakni, untuk Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Selain mengikuti vaksinasi tahap II, Gubernur didampingi Wakil Gubernur, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan Ketua DPRD, Hj. Baiq Isvie Rupaedah juga memberikan penghargaan kepada perwakilan 5 orang pendonor plasma konvalesen di RSUP NTB. Plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait