Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Penyidik Temukan Fakta Baru di Kasus K2 Kota Bima, Pejabat Teras Diduga Terlibat

IPTU Hilmi Prayugo S Ik

Kota Bima, Bimakini.-Penyelidikan kasus K2 di Kota Bima, hingga saat ini masih dalam tahap penyelidikan sejak tahun 2019 lalu. Pada tahun 2020, penyidik menemukan fakta baru dalam kasus ini.

Beberapa fakta baru yang ditemukan dari penyelidikan kasus K2 ini, diklaim sebagai indikasi terus berkembangnya proses penyelidikan. Antara lain ditemukan sejumlah pejabat teras di Kota Bima diduga kuat ikut terlibat.

Kapolres Bima Kota melalui Kasat Reskrim Polres Bima Kota, Iptu Hilmi Manossoh Prayugo mengatakan hingga saat ini pihaknya masih terus berkonsentrasi menyelidiki dugaan pelanggaran hukum dari perekrutan tenaga K2 di Kota Bima tahun 2016-2017 lalu.

Diakui, penyelidikan kasus ini terhitung lama, karena pertama kali di lidik tahun 2019. Hilmi mengaku, pihaknya tidak menemukan kendala apapun dalam penyelidikan kasus ini. Meskipun, ada dugaan melibatkan pejabat teras di Kota Bima.

“Tidak ada kendala apapun. Meskipun ada pejabat yang terlibat dugaannya, itu bukan kendala bagi kami. Penyelidikan terus berjalan, ” tegasnya.

Menurut Hilmi, penyebab utama lamanya penyelidikan kasus K2 karena banyaknya saksi yang diperiksa hingga mencapai ratusan orang.

Penyidik kata Hilmi, tidak bisa menggunakan sampel saja dalam memeriksa saksi tapi harus memeriksa jumlah keseluruhan peserta, baik peserta yang memenuhi syarat administrasi tapi tidak dinyatakan lulus dan peserta yang dinyatakan lulus.

“Belum lagi kepala sekolah yang memberikan rekomendasi waktu pengabdian, pejabat berwenang, semuanya harus diperiksa, ” tambahnya.

Pemeriksaan semua saksi kata Hilmi, berkaitan erat dengan penentuan kerugian negara yang akan diaudit oleh BPKP. Sehingga, penyidik tidak memiliki pilihan selain memeriksa seluruh saksi.

“Sekali lagi, tidak sulit untuk mengungkap faktanya, ” tegasnya.

Ditanya soal fakta baru yang ditemukan pada tahun 2020, Hilmi mengaku tidak bisa mempublikasikannya karena masih dalam tahap penyelidikan. Jika sudah masuk tahap penyidikan, dipastikan penyidik akan menyampaikan ke publik.

Hilmi juga memastikan, kepolisian akan memberikan  kepastian hukum dalam kasus K2 ini. Apalagi, kasus K2 menjadi perhatian publik dari sekian banyak kasus yang ditangani Tipidkor Polres Bima Kota. (BE09)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tujuh tahun proses hukum dugaan kasus Honorer K2 Bodong di Kota Bima yang lulus CPNSD harusnya sudah ada titik. Juga sudah...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Ternyata dugaan tidak pidana kasus kelulusan Honorer Kategori Dua (K2) Kota Bima masih terus bergulir. Bahkan sampai saat ini sudah ratusan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Penyelidikan kasus dugaan penyimpangan penerimaan PNS jalur K2 di Pemkot Bima, kembali digenjot penyidik Unit Tidak Pidana Korupsi (Tipidkor) Reskrim Polres...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot)  Bima selalu terbuka soal proses hukum seleksi CPNSD jalur honor K2. Hal ini diperlukan, agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi....

Hukum & Kriminal

Kota Bima, BimaEkspres.- DPRD Kota Bima juga beraksi atas lambannya penyerahan data tersebut oleh Pemkot Bima. Untuk itu,  dewan akan mengagendakan pemanggilan BKSDM. Ketua...