Ekonomi

Selama Tahun 2020 DPMPTSP Kota Bima Terbitkan 2.218 Izin Baru

Ahmad

Kota Bima, Bimakini.- Selama tahun 2020, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bima telah menerbitkan 2218 izin baru, dari ditarget sebayak 2.500 izin.

Plt Kepala DPMPTSP Kota Bima melalui Kabid Pelayanan Perizinan DPMPTSP Kota Bima Ahmad mengatakan untuk ijin diterbitkan selama tahun 2020 sebayak 2218.

Untuk jumlahnya alami penurunan dibanding tahun 2019 yaitu sebayak 2.765 unit. Ini karena adanya kebijakan baru berlakunya izin seumur hidup.

Dari jumlah itu terbagi dalam 97 jenis izin yang diterbiatkan, namun yang paling banyak yakni Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau jenis usaha mikro atau UMKM

Ditanyakan proses pengurusan ijin? Kata Ahmad pemerintah telah memberikan kemudahan dalam pelayanannya. Selain digratiskan terkecuali IMB, pengurusan ijin juga bisa dilakukan secara online, ini tujuannya agar masyarakat lebih cepat dan mudah mengaksesnya.

Pengurusan ijin secara online bisa diakses dengan mengakses melalui Online Singel Submision (OSS). “Semuanya dipermudah dan cepat,” ujarnya.

Mengenai waktu pengurusan, menurut Ahmad tergantung kelengkapan berkas dan syarat, kalau lengkap bahkan bisa diselesaikan dalam hitungan jam. (BE06)

Share
  • 9
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top