Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tidak Profesional dan Rangkap Jabatan, Pengurus BUMDes Dena Diminta Mundur

Aksi yang dilakukan oleh warga Desa Dena menyorot masalah BUMDes dan Poktan.

Bima, Bimakini.- Sejumlah warga Desa Dena Kecamatan Madapangga yang tergabung di Alinasi Pemuda Peduli Desa (APPD) meminta Pemerintah Desa (Pemdes) Dena agar memecat secara tidak hormat pengurus BUMDes dan Gapoktan Samakai yang tidak profesional dan rangkap jabatan.

Korlap APPD, Fan Mahayus mengungkapkan, pengurus Gapoktan tidak legal karena pengangkatannya tidak melalui prosedural dan cacat hukum. Selain itu, pengurus Gapoktan Samakai menggunakan aset desa sebagai usaha mandiri.

“Pengurus Bumdes mengelola secara langsung unit usaha tanpa membentuk kepengurusan di bawah. Semua itu melanggar prosedur, sehingga harus disikapi serius,” jelasnya.

Menuntut Kades Dena agar berani mengambil sikap atas semua problem yang terjadi. Apabila tuntutan kami tidak diindahkan kami akan segel kantor desa. “Kalau tuntutan ini tidak diindahkan, maka kantor desa akan disegel dan akan melakukan aksi susulan dengan estimasi massa lebih banyak,” tegasnya, Rabu.

Kapolsek Madapangga, IPTU Ruslan menyampaikan, selama APPD menyampaikan orasi, pihaknya memberikan pengawalan ketat.

“Sekitar pukul 10.24 Wita, Kepala Desa (Kades) Dena Abdul Haris memberikan tanggapan terkait tuntutan massa aksi. Yakni akan menindaklanjuti dengan melakukan rapat luar biasa dengan BPD,” ucapnya.

Kata dia, massa aksi sempat melakukan hadang jalan dengan menggunakan mobil pick up. “Setelah diberikan pemahaman, massa aksi membuka jalan, sehingga arus lalu lintas di jalan raya setempat kembali normal,” ungkapnya. (BE07)

Share
  • 93
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Jalan lintas Desa Bolo – Dena Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima sudah lama rusak dan mengakibatkan terjadi kecelakaan. Terkait hal itu, warga Kecamatan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Janda 4 anak, Nursiah (54) warga RT 10 Desa Dena Kecamatan Madapangga mengeluh karena tidak diperhatikan pemerintah. Betapa tidak, janda miskin ini...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemuda Desa Dena, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, aksi unjuk rasa di depan kantor desa setempat, Senin (26/10). Mereka memblokade jalan lintas Dena...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Penjaringan Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kepala Dusun (Kadus) V Desa Dena Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima akan dilaksanakan Rabu (5/8) sekitar pukul 09.00...