Peristiwa

Warga Rasabou dan Rato Gotong Royong Timbun Lokasi Buang Sampah Sembarangan

Kegiatan gotong royong warga.

Bima, Bimakini.- Warga Desa Rasabou dan Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima gotong royong menimbun lokasi yang dijadikan tempat buang sampah sembarangan, Kamis (21/1). Lokasi tersebut berada di sekitar Puskesmas Bolo, tepatnya di depan Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bima.

Karena tidak tahan dengan bau sampah menyengat, warga berinisiasi untuk menimbun lokasi tersebut dengan tanah urukan, sekaligus dijadikan tempat menyimpan Posko.

Salah satu warga Desa Rato, Aruji, SH mengungkapkan, akhir – akhir ini lokasi tersebut dijadikan tempat buang sampah oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab. “Akibatnya, sampah tersebut semburkan bau menyengat sehingga sangat mengganggu pernafasan para pengguna jalan dan warga sekitar,” ujarnya.

Sambungnya, kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih sangat minim. Padahal di lokasi tersebut telah ditancap papan informasi larangan membuang sampah.

“Apalagi di musim hujan seperti ini, sampah semburkan bau menyengat. Karena tidak tahan, kita timbun dengan dana pribadi dan kita simpan Posko di situ,” tuturnya.

Warga Rasabou, Jufrin menyesalkan ulah oknum – oknum yang buang sampah di lokasi itu, karena di situ adalah jalan lintas yang setiap saat dilalui pengguna jalan.

“Bau menyengat yang disemburkan sampah sangat mengganggu pasien di Puskesmas Bolo dan siswa MAN 1 Bima. Sehingga kita melakukan gotong royong menimbun lokasi itu dengan tanah urukan,” ucapnya.

Dirinya berharap, setelah lokasi tersebut ditimbun, tidak ada lagi oknum – oknum yang buang sampah.

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan. Yakni dengan cara membuang sampah pada tempatnya, bukan membuang sembarangan,” ajaknya. (BE07)

Share
  • 86
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top