Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Dua Truk Kayu Diduga Illegal Diamankan Polsek Kempo

Kayu yang diamankan dari truk pengangkut.

Dompu, Bimakini.- Sebanyak dua unit Mobil Truk diduga memuat kayu illegal, jenis Raju mas/Klanggo diamankan petugas Polsek Kempo. Kendaraan itu diamankan saat melintas di depan Mapolsek Kempo, Jalan Lintas Calabai, tepatnya di Komplek Pasar Desa Soro, Kecamatan Kempo, Dompu, Kamis (18/2/2021) sekira pukul 23.00 Wita.

Truk tersebut masing-masing, dikendarai oleh AJ (26) warga RT. 001 RW. 001, Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Dompu, yakni Mobil truk merk Mitsubishi dengan nomor polisi EA 8656 MZ.

Sedangkan satu lagi dikendarai oleh DH (57) warga asal RT. 011 RW. 012, Desa Pela, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, yakni mobil truk juga bermerk Mitsubishi dengan Nomor Polisi EA 8680 NZ.

Kaposek Kempo, Iptu Zuharis menjelaskan, kedua unit truk tersebut sebelumnya diketahui berangkat dari wilayah Kecamatan Pekat menuju Kabupaten Bima, membawa muatan diduga kayu tanpa surat keterangan yang jelas.

“Awalnya anggota melihat ada truk yang dibungkus dengan terpal melintas depan Mapolsek. Diduga di dalamnya ada kayu,” kata Kapolsek.

Lanjutnya, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata benar bermuatan kayu. “Sehubungan dengan adanya Surat Edaran Gubernur NTB tentang Penghentian Pengangkutan Kayu di wilayah NTB, anggota langsung melakukan penggeledahan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pada penggeledahan selanjutnya anggota yang saat itu dipimpin Kapolsek, juga meriksa surat-surat yang berkaitan dengan kayu-kayu tersebut.

“Kita juga sudah lakukan pengecekan. Ternyata muatan kayu, tidak sesuai dengan surat yang dipegang oleh sopir,” jelasnya.

Setelah dilakukan penggerebekan dan pemeriksaan surat-surat, sopir bersama truk pengangkut kayu diduga illegal tersebut. “Kini telah diamankan di Mapolsek Kempo sebelum dilanjutkan ke Mapolres Dompu untuk diperiksa lebih lanjut,” pungkasnya. (BE04)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Komentar

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Upaya mencegah terjadinya pembalakan liar, penebangan atau perusakan hutan pada areal konsevasi Taman Nasional Gunung Tambora. Aparat gabungan TNI – Polri...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Hajanah (46) warga RT 06 Dusun Mbaju Desa Panda Kecamatan Woha, dilaporkan hilang. Sebelumnya pergi ke So Wadu Api watasan desa setempat,...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini.- Anggota BKPH Tofo Pajo mengamankan seorang pria berinisial IK (33) karena melakukan penebangan pohon ilegal di dalam kawasan hutan So Menga RTK...

Berita

Dompu, Bimakini. – Sejumlah warga Desa Karamabura yang menjadi pelaku perusak hutan sepakat untuk menghentikan tindakannya. Terutama perambahan hutan di wilayah sumber mata air...