Ekonomi

Kades Leu Pimpin Gotong Royong Perbaikan Jalan Ekonomi Desa

Gotong royong perbaikan jalan.

Bima, Bimakini.- Kepala Desa (Kades) Leu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Muhammad Taufik, SAg memimpin gotong royong perbaikan jalan ekonomi desa, tepatnya di So Rasantoi dan La Mutu, mulai Rabu (17/2). Perbaikan jalan ekonomi tersebut untuk memudahkan akses petani menghadapi musim panen mendatang.

Kades Leu, Muhammad Taufik, SAg mengatakan, kondisi jalan ekonomi desa banyak berlubang. Itu menyulitkan pengangkutan hasil pertanian pada musim panen nanti.

“Jalan ekonomi desa sudah berlubang, jadi harus ditimbun menggunakan tanah urukan,” ujarnya.

Sesuai direncanakan, volume yang akan dikerjakan sekitar 2 kilo meter, namun jumlah tanah urukan yang sudah masuk sebanyak 30 dump truck. Hingga saat ini masih ada 17 dump truck tanah urukan yang belum masuk dalam pekerjaan tersebut,” terang Kades 3 periode ini.

Dijelaskannya, sumber dana kegiatan ini murni swadaya, yakni dari patungan masyarakat petani. Jika dikalkulasikan, total dana terkumpul sebanyak Rp 5. 640. 000.

“Harga tanah urukan per 1 dump truck sebesar Rp 120. 000, sehingga dari total dana yang terkumpul kita membeli 47 dump truck tanah urukan,” urainya.

Ditambahkannya, di tengah kehidupan kekinian yang kian menggilas kearifan budaya, ternyata semangat masyarakat untuk gotong royong tidak pudar.

“Mewakili Pemerintah Desa (Pemdes), saya ucapkan terima kasih pada petani yang sudah berpartisipasi, sekaligus mampu melestarikan budaya gotong royong,” ungkapnya. (BE07)

Share
  • 94
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top