Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kantor Imigrasi Bima dan Rutan Tandatangan Zona Integritas

Penandatanganan  Zona Integritas

Kota Bima, Bimakini.- Jajaran Kantor Imigrasi Kelas III TPI Bima dan Rutan Kelas II Raba-Bima, Senin (22/2) Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2021 dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBK).

Deklarasi dan penandatanganan dilakukan depan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Haris Sukamto, Kepala Divisi Keimigrasian, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum, beserta jajaran pejabat di Kantor Wilayah Kemenkumham NTB. Selain itu, hadir juga Kepala Kejaksaan Negeri Bima, Komandan Kodim 1608/Bima Pengadilan Negeri Bima dan Kapolres Bima Kota.

Dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas antara Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima, Muhammad Usman  dengan pejabat struktural dan Kepala Rutan Klas IIb Raba Bima dengan pejabat struktural.

Kemudian dilanjutkan dengan acara penandatanganan piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM dan Penandatanganan Pakta Integrtitas oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima dan Kepala Rumah Tahanan Klas IIb Raba Bima, disaksikan oleh Komandan Kodim 1608/Bima dan Kepala Kejaksaan Negeri Bima.

Penandatanganan Keputusan Bersama dan Perjanjian Kerjasama oleh Kepala Rutan Raba Bima. Pembacaan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2021 oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima diikuti oleh seluruh ASN Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima dan Rumah Tahanan Klas IIb Raba Bima.

Kakanwil Kemenkumham NTB, Haris Sukamto menyampaikan, ada enam poin dalam

Janji kinerja hari sudah ditandangani dan disaksikan  oleh unsur forkopimda dan tentu janji harus diwujudkan, tak hanya sekedar diucapkan tetapi benar-benar diwujudkan.

Terhadap  janji diucapkan harus betul-betul dilaksanakan mulai dari janji pertama, meningkatkan target kinerja yang berarti tingkat kedisiplinan ditingkatkan.

Bagaimana jadwal kegiatan termasuk proses anggaran harus taat asas, profesional, akuntabilitas, transparan dan inovatif.

Memberikan pelayanan pada masyarakat dengan maksimal. “Ini adalah janji, Rutan Bima harus berikan pelayanan maksimal.  Dalam rangka berikan pelayanan warga didalam harus lebih baik, lebih aman dan nyaman,” harapnya.

Ketiga pengembangan diri,  harus meningkatkan pengembangan potensi diri, terus sekolah, tingkatkan SDM nantinya akan menjadi tolak ukur kemampuan kedepannya.

Mengembangkan sinergisitas dan kolaborasi serta menjadi perekat pemersatu bangsa. Dalam mengoptimalkan pelayanan dan kinerja memanfaatkan teknologi informasi dan transformasi tehnologi.

Kata Haris Sukamto, akan selalu memantau dan mengawasi kinerja jajarannnya, sehingga akan menjadi bahan mengevaluasi baginya. “Dengan harapan menjadi acuan bagi seluruh jajaran untuk lebih giat dan maksimal lagi dalam menjalankan amanah diembannya terutama dalam rangka terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.

Haris menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang dilaksanakan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima dan Rumah Tahanan Klas IIb Raba Bima dengan instansi yang ada di wilayah kerja Bima. Kemudian Kakanwil Kemenkumham NTB juga mengapresiasi potensi wisata yang ada di wilayah Bima, namun masih perlu difasilitasi. Serta tidak lupa, Kakanwil Kemenkumham NTB mengingatkan kembali untuk memberikan pelayanan yang tulus dan jujur kepada masyarakat di wilayah Bima dalam rangka menuju WBK dan WBBM, menjadi role model di masyarakat.

Kepala Kejaksaan Negerj Raba-Bima, Suroto, SH, MH mendukung langkah Kakanwil Kemenkumham NTB, agar sinergitas ini kedepannya akan menjadikan daerah lebih maju lagi.

“Semoga dapat peroleh predikat menuju wilayah bebas dari korupsi. Bukan saja slogan, bahwa wilayah bebas dari korupsi merupakan komitmen bersama imigrasi dan rutan, itu sebuah predikat,” ujarnya.

Tanpa dukungan seluruh staf dan pegawai, keberhasilan WBK tidak akan bisa tercapai.

Tahun lalu, Pengadilan negeri Raba-bima berhasil raih WBK. (BE06)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Kejaksaan Negeri (Kejari) Dompu melaksanakan Pencanangan Menuju Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK dan WBBM)...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Selama periode Januari sampai Desember 2019, sebayak 2296 orang asing masuk ke Bima. Sebagian besar dengan tujuan wisata. Kepala Kantor Imigrasi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Periode Januari hingga Desember 2019, Kantor Imigrasi Kelas III TPI Bima telah melayani penerbitan paspor bagi masyarakat sebayak 5.753. masih ada...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Masyarakat untuk Transparansi  Daerah (Mantanda) Bima, meminta  Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4D) Bima, untuk serius mengawasi pembangunan Kantor...