Pendidikan

Prodi Ilmu Komunikasi STISIP Bima Lepas 86 Mahasiswa PKL

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Arief Hidayatullah, MSi

Bima, Bimakini.- Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima, melepas 86 mahasiswa/i untuk melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Arief Hidayatullah, MSi, mengatakan, kegiatan PKL merupakan bagian dari sistem pengajaran di Prodi Ilmu Komunikasi yang langsung diaplikasikan oleh mahasiswa dalam dunia kerja. PKL sama seperti mata kuliah lainnya.

“Fokus PKL, mahasiswa diterjunkan langsung pada kondisi sesungguhnya dalam dunia kerja atau pada masyarakat,” katanya, Kamis (18/02).

Kata Arief, kegiatan PKL, mahasiswa akan praktekkan ilmu pengetahuan yang dipelajari selama semester sebelumnya. Sementara perbedaan dengan mata kuliah biasa yaitu akan diajarkan oleh dosen di Perguruan Tinggi.

PKL dilaksanakan selama tiga bulan. Tempat yang dijadikan PKL yaitu Instansi Pemeritah, Kantor BUMN, Kantor Lembaga Pers, Kantor Kementeriaan Agama dan Perusahaan Swasta. “Pada tahun 2021, waktu PKL diperpanjang selama tiga bulan. Sementara tahun 2020 hanya satu bulan. Hal ini dilakukan, upaya memperkuat pemahaman dan keahlian mahasiswa dalam bidang tertentu sesuai tempat PKL,” tuturnya.

Selain itu kata Arief, PKL juga sebagai implementasi program merdeka belajar kampus merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Perencanaan Kemendikbud, Perguruan Tinggi harus memperbanyak PKL untuk tingkat kualitas mahasiswa,” pungkasnya. (BE10)

Share
  • 20
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top