Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Alfamart Dibuka, Janji Perbanyak Jual Produk UMKM Lokal

Alfamart yang berlokasi di Kelurahan Sadia.

Kota Bima, Bimakini.- Jaringan minimarket Alfamart resmi membuka toko perdananya di Jalan Gatot Subroto Kelurahan Sadia, Kota Bima, Selasa (16/3). Mereka   menjanjikan memperbanyak menjual produk hasil UMKM lokal.

Selain itu mengajak para pelaku UMKM Kota Bima untuk bermitra seiring dengan dibukanya toko perdana di kota tepian air ini.

Branch Manager Alfamart Lombok, Sulardi mengatakan, kehadiran sejumlah produk UMKM di jaringan toko Alfamart ini merupakan komitmen perusahaan terhadap para pelaku UMKM lokal.

“Sesuai dengan visi perusahaan yakni berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, maka kami ingin senantiasa bermitra dengan UMKM,” katanya di sela grand opening Alfamart, Selasa (16/3/2021).

Menurut Sulardi, sejumlah item produk UMKM yang dihadirkan antara lain hasil olahan laut berupa abon, dan varian serbuk minuman siap saji. “Fokus produknya adalah makanan dan minuman, untuk kerajinan tangan seperti tenun dan lain-lain belum bisa karena terkendala space,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Produk UMKM Kota Bima yang dijual di satu toko saat ini ada dua. “Sementara baru dua item karena kemarin yang memenuhi persyaratan dan yang melengkapi dokumen untuk administrasi aktivasi produk baru dua pelaku UMKM. Tapi nanti seiring bertambahnya jumlah toko Alfamart, maka produk UMKM juga akan ditambahkan,” jelasnya.

Terkait mekanismenya, produk UMKM yang dijual di toko akan dievaluasi per tiga bulan. Apabila tiga bulan pertama bisa diterima pasar dan penjualannya bagus maka kerja sama akan dilanjutkan.

Namun apabila kurang diterima pasar akan digantikan oleh item UMKM yang lain.  “Ke depan, kami berencana bekerja sama dengan BUMD Kota Bima yang khusus mengelola UMKM. Jadi supply barangnya nanti satu pintu, termasuk mekanisme pembayarannya,” imbuhnya.

Sulardi melanjutkan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila ingin menjadi  pemasok produk yang dijual di jaringan toko Alfamart. Pertama, UMKM tersebut merupakan produsen yakni bukan penyalur. Kedua, tempat produksinya bersih dan sesuai standar dari pemerintah mengenai kebersihan dan kesehatan tempat produksi industri rumah tangga.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara Humas Alfamart Wilayah Jawa Timur, NTB dan NTT, Ame Pramesti mengaku selain menerima prodak UMKM jaringan Alfamart memiliki CSR untuk kegiatan sosial dan dukungan membantu pengembangan warung berada disekitar lokasi gerai. (BE06)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menghadiri sekaligus menyerahkan bantuan Modal Usaha Produktif bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, dalam...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Saat ini NTB memiliki banyaknya Event Internasional. Ini seharusnya menjadi kesempatan pengembangan UMKM di Bima dan Dompu.  Menjadi kesempatan untuk bisa...

Ekonomi

Mataram, Bimakini.- Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, H. Bambang Kristiono, SE (HBK) membuka pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah M.Pd menghadiri acara pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM...

Opini

  Oleh : Yani Haryani   Di masa pandemic banyak sektor yang terkena imbasnya, salah satunya ekonomi. Menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi covid-19...