Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Amirudin, Anggota  Dewan yang Berhasil Berdayakan  98 Kelompok Tani dan Peternak

Amiruddin bersama petani cabe binaan.

Kota Bima, Bimakini.- Di tengah kesibukannya mengemban amanah sebagai wakil rakyat di Kota Bima, Amiruddin tergugah memberdayakan puluhan kelompok tani dan ternak.

Duta Partai Hanura  yang tergolong usia muda ini bahkan kerap turun langsung memantau perkembangan kelompok dibinanya. Terlebih saat ini tengah dihadapkan dengan kondisi Pandemi Covid19, sehingga  berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat.

Amiruddin yang juga Sekertaris DPC Partai Hanura Kota Bima, membuka peluang lapanga kerja para pemuda dengan memanfaatkan lahan kosong untuk menanam dan berternak.

Saat melihat kondisi kelompok pertanian sayuran, Amiruddin menceritakan sampai saat ini sudah 98 Kelompok yang sudah diberdayakan. Yakni dari sektor pertanian dengan menanam pohon Pepaya California, Cabe, Buah Naga, Jahe, Pepaya, serta Klengkeng.

Kelompok tani dibina berlokasi di So Ndano Feli lingkungan Sambinae. Kemudian Kelompok Ternak bebek, sapi, ayam super dan kambing. “Kami  berdayakan pemuda di sejumlah kelurahan,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Alhamdullilah dari hasil ini para petani sudah menikmati hasilnya dan sudah dipasarkan, prosesnya pun berjalan lancar,” tambah Amir Combat, sapaan akrabnya.

Pemberdayaan ini dilakukan secara pribadi dan belum tersentuh pemerintah.  Harapan nya, Pemerintah Kota Bima atau OPD terkait dapat memerhatikannya. Memberikan bantuan atau bentuk pemberdayaan lainnya, seperti pelatihan pada kelompok.

Menurut Amir, tanaman jagung hanya 1 kali setahun dan menerima hasil hanya sekali saja.  Sedangkan tanaman  buah-buahan merupakan tanaman tahunan dan juga dapat mengurangi dampak bencana banjir.

“InsyaAllah petani sekitarnya sudah mulai ingin ikut menanam buah-buahan, karena sudah melihat hasil yang sudah di tanam kelompok tani lainnya,” terang Amir.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Tambahnya, dalam waktu dekat akan mencoba menanam wortel, untuk itu dirinya telah menyiapkan  lahan seluas 1 hektar.

Salah satu petani cabe Abdurahman, mengaku sebelumnya tidak memiliki pekerjaan tetap. Sekarang sudah memanfaatkan lahan kosong pinggir sungai belakang irigasi dan di belakang SMAN 2.

Petani lain, Ramli yang sebelumnya lahannya sebagai lahan untuk menanam jagung seluas 2 hektar sekarang sudah dialih fungsikan dengan tanam cabe, kelengkeng, pepaya dan jahe. Selanjutnya petani lain seorang pemuda Riki, menanam singkong dan pisang.

Untuk pemasarannya sendiri diakuinya,  sudah menikmati hasilnya, untuk menjual cabe saja  hanya menunggu ditempat karena sudah ada yang datang ambil. Selain di Lewirato ada juga petani di Kelurahan lainnya, seperti Sadia, Tanjung dan Kedo.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ada yang berjualan di  depan Taman Ria dan Zig-zag Food di Taman Ria, penjual depan Paruga Na’e.  “Saat ini mereka mengambil hasil ternak dari kami seperti ayam dan bebek dengan sistim kerja sama dan berantai,” ungkapnya.

Dahlia, penjual Pepaya California,  menyampaikan terima kasih, karena bisa menambah biaya hidup saat ini. ini berkat bantuan yang berikan anggota Dewan, Amiruddin, Duta Hanura. (BE06)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bima kembali menggelar Rapat Paripurna Pelantikan anggota dewan Pergantian ANtar Waktu (PAW), Rabu 31 Januari...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bima menggelar rapat paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Partai Bulan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- DPRD Kota Bima menggelar Rapat Paripurna Ke-1 dalam rangka Penetapan Program kerja tahunan DPRD Kota Bima tahun Dinas 2024 serta Penetapan...

Berita

Oleh : Munir Husen (Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima) Kota pada hakekatnya adalah suatu tempat yang berkembang terus menerus sesuai dengan perkembangan zaman...

Opini

Oleh : Munir Husen (Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima) Pemerintah Daerah dan DPRD adalah unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah. Keberadaan anggota DPRD pada tataran...