Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Amirudin, Anggota  Dewan yang Berhasil Berdayakan  98 Kelompok Tani dan Peternak

Amiruddin bersama petani cabe binaan.

Kota Bima, Bimakini.- Di tengah kesibukannya mengemban amanah sebagai wakil rakyat di Kota Bima, Amiruddin tergugah memberdayakan puluhan kelompok tani dan ternak.

Duta Partai Hanura  yang tergolong usia muda ini bahkan kerap turun langsung memantau perkembangan kelompok dibinanya. Terlebih saat ini tengah dihadapkan dengan kondisi Pandemi Covid19, sehingga  berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat.

Amiruddin yang juga Sekertaris DPC Partai Hanura Kota Bima, membuka peluang lapanga kerja para pemuda dengan memanfaatkan lahan kosong untuk menanam dan berternak.

Saat melihat kondisi kelompok pertanian sayuran, Amiruddin menceritakan sampai saat ini sudah 98 Kelompok yang sudah diberdayakan. Yakni dari sektor pertanian dengan menanam pohon Pepaya California, Cabe, Buah Naga, Jahe, Pepaya, serta Klengkeng.

Kelompok tani dibina berlokasi di So Ndano Feli lingkungan Sambinae. Kemudian Kelompok Ternak bebek, sapi, ayam super dan kambing. “Kami  berdayakan pemuda di sejumlah kelurahan,” ungkapnya.

“Alhamdullilah dari hasil ini para petani sudah menikmati hasilnya dan sudah dipasarkan, prosesnya pun berjalan lancar,” tambah Amir Combat, sapaan akrabnya.

Pemberdayaan ini dilakukan secara pribadi dan belum tersentuh pemerintah.  Harapan nya, Pemerintah Kota Bima atau OPD terkait dapat memerhatikannya. Memberikan bantuan atau bentuk pemberdayaan lainnya, seperti pelatihan pada kelompok.

Menurut Amir, tanaman jagung hanya 1 kali setahun dan menerima hasil hanya sekali saja.  Sedangkan tanaman  buah-buahan merupakan tanaman tahunan dan juga dapat mengurangi dampak bencana banjir.

“InsyaAllah petani sekitarnya sudah mulai ingin ikut menanam buah-buahan, karena sudah melihat hasil yang sudah di tanam kelompok tani lainnya,” terang Amir.

Tambahnya, dalam waktu dekat akan mencoba menanam wortel, untuk itu dirinya telah menyiapkan  lahan seluas 1 hektar.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Salah satu petani cabe Abdurahman, mengaku sebelumnya tidak memiliki pekerjaan tetap. Sekarang sudah memanfaatkan lahan kosong pinggir sungai belakang irigasi dan di belakang SMAN 2.

Petani lain, Ramli yang sebelumnya lahannya sebagai lahan untuk menanam jagung seluas 2 hektar sekarang sudah dialih fungsikan dengan tanam cabe, kelengkeng, pepaya dan jahe. Selanjutnya petani lain seorang pemuda Riki, menanam singkong dan pisang.

Untuk pemasarannya sendiri diakuinya,  sudah menikmati hasilnya, untuk menjual cabe saja  hanya menunggu ditempat karena sudah ada yang datang ambil. Selain di Lewirato ada juga petani di Kelurahan lainnya, seperti Sadia, Tanjung dan Kedo.

Ada yang berjualan di  depan Taman Ria dan Zig-zag Food di Taman Ria, penjual depan Paruga Na’e.  “Saat ini mereka mengambil hasil ternak dari kami seperti ayam dan bebek dengan sistim kerja sama dan berantai,” ungkapnya.

Dahlia, penjual Pepaya California,  menyampaikan terima kasih, karena bisa menambah biaya hidup saat ini. ini berkat bantuan yang berikan anggota Dewan, Amiruddin, Duta Hanura. (BE06)

Share
  • 244
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Setelah menjalani reses selama enam hari, Kamis (25/3) DPRD Kota Bima Rapat Paripurna Ke – 8   Masa Sidang II Tahun Dinas...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indrawirawan terus turun menyerap aspirasi masyarakat. Tidak saja di dapilnya, Selasa malam (23/3) menyempatkan diri mendampingi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Ahad (21/3) sore, Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Syamsurih, SH  reses di tanah kelahirannya, Kelurahan Rontu, Kecamatan Raba, Kota Bima. Selain...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Duta Golkar DPRD Kota Bima, M Amin, Sabtu (20/3) reses massa sidang ke II di lingkungan Sabali, Kelurahan Kumbe dan Lingkungan...