Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Belasan Hari TMMD, Sejumlah Proyek Pembangunan Hampir Rampung

Kegiatan pembangunan fisik.

Bima, Bimakini.- Meskipun pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 baru berjalan belasan hari saja, sejumlah pekerjaan proyek fisik dan non fisik pada ketiga desa yang kerap berseteru tersebut, pekerjaannya hampir tuntas.

Malah kata Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal, dari belasan item pekerjaan tersebut sudah sekitar 80 bahkan ada yang sampai 90 persen. Mulai dari rehab masjid hingga pembangunan pos pengamanan terpadu.

“Pospam itu tinggal pasang kusen, jalan tani tinggal finishing begitu juga dengan yang lainnya. Rata-rata sudah 80 persen lebih,” ujar Kamal menjawab media ini Rabu (17/03).

Pihaknya menargetkan sebelum berakhir masa TMMD pada 30 Maret mendatang, semua proyek pekerjaan baik fisik maupun non fisik sudah rampung. Untuk itu katanya, pihaknya benar-benar memakai sistem kebut.

Malah saking banyaknya perkembangan pembangunan yang mereka canangkan, masyarakat lain meminta kembali untuk menambah item proyek pembangunan di masing-masing kampungnya.

Cepatnya proses pengerjaan ini papar pria asal Aceh tersebut, juga berkat kesadaran masyarakat sekitar dalam membantu menuntaskan proyek pembangunan yang mereka lakukan sejak pra-TMMD pada akhir Februari lalu.

Perkembangan pesat pekerjaan ini lanjutnya, juga berlaku pada pengerjaan non fisik seperti halnya sosialisasi kepada masyarakat. “Tadi baru kita lakukan sosialisasi stunting pada desa terpencil lainnya. Alhamdulillah di sambut luar biasa,” bebernya.

Kini, sisa belasan hari pelaksanaan TMMD yang ke 110 di desa rawan konflik tersebut benar-benar dimanfaatkan pihaknya untuk merampungkan pekerjaan nya hingga 100 persen.

Terlebih katanya, faktor buruknya cuaca belakangan ini yang membuat pihaknya harus benar-benar belajar. “Selama cuaca bagus, kita kebut,” ungkapnya.

Hasil pantauan dirinya hingga Rabu 16 Maret kemarin misalnya, proses rehab Masjid Al-Muttaqin yang berada di Dusun Nggaro Desa Tolouwi Kecamatan Monta, pekerjaannya hingga 90 persen lebih.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Plester dinding luarnya sudah 100 persen tuntas, pasang keramik 100 persen, cor lantai emperan 100 persen. Juga pembuatan daun jendela 100 persen,” urainya.

Dari proses pengerjaan itu katanya tetap dibantu masyarakat dan stakeholder lainnya
seperti Polri.

“Semoga pas berakhir waktu TMMD tanggal 30 nanti, semua pengerjaan ini sudah mulai dipakai atau dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” pungkasnya. (BE09)

Share
  • 24
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tentara Nasional Indonesia (TNI) jajaran Kodim 1608/Bima dan anggota Kompi Senapan A/742, terus melaksanakan kegiatan karya bhakti mereka pascabanjir bandang menerjang Kabupaten...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Komandan Resort Militer (Danrem) 162/WB Brigadir Jenderal Ahmad Rizal Ramdani S.Sos, SH, M.Han, akhirnya menutup secara resmi pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Image dan brand kampung berseteru atau yang biasa disebutkan warga “Rasa Lewa” (Kampung Perang, Red), hingga diplesetkan menjadi jalur “Gaza” pada jalur...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pasca-rampung didirikan Kodim 1608/Bima melalui program Tentara Manunggal Desa (TMMD) ke-110, Pos Keamanan Terpadu (Pospamdu) yang dibangun tepat diperbatasan Desa Nontotera dan...