Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

BKPH Sebut Lahan di Hutan Tutupan Negara  Dikuasai Anak Mantan Pejabat

Lokasi diduga lahan tutupan negara.

Kota Bima, Bimakini- Hasil penelusuran dan pemeriksaan oleh BKPH Maria Donggo massa bahwa lahan 5 Hektar yang dipagar seng dalam kawasan hutan tutupan negara Ncai Kapenta dikuasai anak mantan pejabat.

Lahan itu rencananya akan digunakan untuk areal peternakan, namun urung dilakukan. “Anaknya mau gunakan untuk usaha peternakan,” ungkap Kepala Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Maria Donggo Masa (MDM) Ahyar, S.Hut,  dikonfirmasi Bimakini.com, Selasa (23/3).

Walau tidak menyebutkan nama mantan pejabat dimaksud, namun hasil penelusuran dan pemeriksaan dilakukan tidak ditemukan adanya sertifikat di lahan tersebut. Dalam waktu tidak lama, akan segera dilakukan pembongkaran terhadap pagar seng.

Status lahan HKM itu hanya diberikan pinjam pakai kelola saja. “Tidak ada istilah milik, termasuk masyarakat petani itupun hanya hak kelola,”   terang Ahyar.

Terkait status lahan?  Kata Ahyar, sedang memanggil para penggarap untuk mencari tahu siapa penggarap awal lahan kawasan tersebut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sebelumnya seperti dilansir,  terkuak informasi adanya lahan milik mantan orang penting di kota Bima kuasai lahan seluas 5 Hektar di hutan tutupan negara. Bahkan lahan pun sudah dipagar keliling menggunakan seng.

Padahal lahan tersebut seharusnya tak bisa dipagari permanen, pun luas lahan dimiliki orang penting sangat luas berbeda dengan rakyat biasa disekitarnya.

Mendapatkan laporan, BKPH Maria Donggo massa wakili Dinas Kehutanan NTB bergerak melakukan penelusuran, karena kawasan tersebut diperuntukkan untuk pengelolaan Hutan Kemasyarakatan saja dan untuk masyarakat biasa bukan diperuntukan bagi pejabat atau mantan pejabat pemerintah. (BE06)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE mengajak warga untuk tidak lagi merambah hutan. Karena kondisi  hutan saat ini sudah menguatirkan....

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Karena dianggap tidak mengindahkan surat teguran, pekan depan jajaran Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Maria Donggomassa akan melakukan pembongkaran pagar seng...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Penegak Hukum (Gakkum) bidang Kehutanan Provinsi NTB didesak untuk segera mengusut tuntas pelaku pembuat jalan ekonomi dalam kawasan hutan tanpa ijin...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Pelaku pembuatan jalan ekonomi dalam kawasan hutan tanpa ijin Kementerian RI di KH Soromandi RTK 55 Desa Saneo, Kecamatan Woja dengan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Hutan Milik Negara kini berstatus Hutan Kemasyarakatan (HKM) berlokasi di kawasan So Ncai Kapenta Kelurahan Jatibaru dan So Banta Wawi Kelurahan...