Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Himakom STISIP Bima Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat SMA/SMK/MA/PONPES

Suasana saat kegiatan pelatihan jurnalistik.

Bima, Bimakini.- Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima, gelar kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat SMA/SMK/MA/PONPES se-Kota dan Kabupaten Bima. Kegiatan tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

Ketua Panitia, Alifu mengatakan, kegiatan pelatihan jurnilistik diselenggarakan Kamis (04/03) di gedung mahasiswa dan alumni dengan dukungan dan sumber anggaran dari Lembaga STISIP Mbojo Bima. Tema kegiatan, generasi milenial belajar cerdas melalui jurnalistik.

“Kegiatan diisi oleh pemateri dari Diskominfotik Kota Bima, Dosen STISIP Mbojo Bima Prodi Ilmu Komunikasi, dan Pimpinan Umum Media BimaEkspres Group,” katanya.

Ketua Himakom, Nuhraini mengatakan, pelatihan jurnalistik melibatkan SMA/SMK/MA/PONPES se-Kota dan Kabupaten Bima, tujuannya untuk memahami aturan menulis dan membaca berita dengan baik. Sesuai dengan perkembangan zaman yang serba teknologi, penggunaan media sosial harus bisa dimanfaatkan dengan baik dan tepat. Terlebih lagi, perkembangan informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui media online.

Lanjutnya, melalui pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan ini, diharapkan siswa/i sebagai generasi milenial bisa ambil pelajaran untuk dimanfaatkan dengan baik. “Sekolah yang ikut dalam kegiatan tersebut SMKN 3 Kota Bima, MAN 2 Bima (Sape), SMK N 1 Lambu, SMAN 4 Kota Bima, SMA N 1 Wera, SMA N 2 Kota Bima MAN 2 Kota Bima dan SMA N 1 Monta,” katanya.

Kata Nuhraini perempuan mungil dan tangguh yang pimpin organisasi jurusan tersebut, selain dari pemberian materi tentang pelatihan, juga dilatih menulis berita oleh Pimpinan Umum Bima Ekspres Group sekaligus lomba reportase. Semua peserta mendapatkan piagam pengahargaan dan piala bagi yang raih juara juara.

“Juridalam lomba reportase yaitu dari Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi dan Pimpinan Umum Bima Ekspres Grup. Sementara juara pertama diraih oleh MAN 2 Kota Bima, juara dua SMA N 4 Kota Bima dan juara tiga SMA 1 Wera,” terangnya.

Waket III STISIP Mbojo Bima, Tasrif, MIKom mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Himakom merupakan kegiatan elit, karena jurusan Ilmu Komunikasi di Pulau Sumbawa hanya ada di STISIP Mbojo Bima. Selain itu, Dosen sebagai tenaga pengajar yaitu masih berjiwa muda dan milenial akan bimbing mahasiswa untuk memiliki kompetensi sesuai dengan perkembangan zaman.

“STISIP Mbojo Bima juga ada jurusan Ilmu Administrasi Negara. Sementara calon mahasiswa baru yang akan mendaftar, ada banyak program kuliah gratis seperti melalui jalur beasiswa Bidikmisi, Beasiswa prestasi dan program lainnya,” pungkasnya. (BE10)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
  • 184
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima, rayakan milad ke-10, senin (05/04) malam. Ketua Himakom, Nuhraini...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Siswa/i Madrasah Aliyah (MA) Negeri 2 Kabupaten Bima, ikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima,  menerima pendaftaran calon mahasiswa baru tahun akademik 2021, dengan dua jurusan yaitu...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima, melepas 86 mahasiswa/i untuk melaksanakan kegiatan Praktik...