Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Ibu Hamil Harus Lengkapi Adminduk Jika Ingin Bersalin di Layanan Kesehatan

KUPTD Puskesmas Langgudu, Najmah, SST

Bima, Bimakini.- Ibu hamil yang lengkap administrasi kependudukan (Admininduk) berdasarkan aturan Dukcapil, akan memenuhi syarat untuk bersalin di sarana kesehatan. Sementara yang bersalin di rumah, petugas kesehatan tidak bertanggungjawab bila ada masalah yang dihadapi.

Hal itu dikatakan KUPTD Puskesmas Langgudu, Najmah, SST.

Dikatakannya, terutama dianjurkan bagi masyarakat miskin yang bersalin di sarana kesehatan tingkat Desa, Kecamatan hingga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk bersalin di sarana kesehatan, supaya pegawai kesehatan yang bertugas diberbagai desa, bisa jamin untuk keselamatannya,” katanya baru ini.

Lanjutnya, untuk pelayanan kesehatan tingkat desa, ibu hamil bisa datangi Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang fasilitasnya ditanggung penuh oleh Pemerintah Desa melalui Dana Desa. Sementara di bawah naungan Puskesmas, bisa datangi Puskesmas Pembantu (Pustu).

“10 desa yang dinaungi oleh Puskesmas Langgudu barat memiliki enam Poskesdes yang berlokasi di Desa Rupe, Waworada, Waduruka di Dusun Tamandaka, Laju di Dusun Nadi, Kawuwu di Dusun Kalemba dan Pusu. Sementara Pustu ada lima yang berlokasi di Desa Kawuwu, Kalodu, Waduruka, Doro O’o dan Laju,” ujarnya.

Kata Najmah, berlakunya Jampersal yaitu mulai dari proses melahirkan secara normal maupun operasi, hingga keselamatan dan kesehatan bayi. Tapi, untuk kelahiran tidak normal, akan dirujuk lebih lanjut ke RSUD.

“Bahkan, sampai ibu dan bayi dipulangkan, petugas Puskesmas tetap kontrol secara rutin kondisinya,” pungkasnya. (BE10)

Share
  • 11
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Lebih dari 16 ribu warga Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, jadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jumlah tersebut terdiri dari semua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, terkonfirmasi positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Pelayanan kesehatan ditutup untuk sementara waktu. Kepala...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimaini.- Kesulitan jangkau Fasilitas Kesehatan (Faskes), Kepala Puskesmas Langgudu Kabupaten Bima, sarankan masyarakat di lima Desa bagian Langgudu Timur untuk urus pindah Faskes...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan  Anak Pengendalian Penduduk dan  Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima, apresiasi lingkungan dan pelayanan Puskesmas Langgudu. Kepala DP3AP2KB Kabupaten...