Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Kades Leu Imbau KPM Gunakan Dana BLT dengan Baik

Kades Leu, Muhammad Taufik, SAg, menyerahkan BLT.

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa Leu Kecamatan Bolo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun 2021, di aula kantor desa setempat Rabu (31/3), sekitar pukul 09.30 Wita. Jumlah yang terima BLT DD tahap I sebanyak 56 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Desa (Kades) Leu, Muhammad Taufik, SAg, mengimbau seluruh KPM agar menggunakan bantuan ini dengan sebaik – baiknya. Yakni tidak menggunakan untuk hura – hura, seperti membeli Handphone, pakaian dan lainnya. Tapi belanjakan bantuan ini untuk kebutuhan yang substantif.

“Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan hidup selama masa pandemi Covid19. Bukan untuk hura – hura,” ujarnya.

Ditegaskannya, penyaluran BLT DD dilakukan secara transparan, yakni saat penyaluran disaksikan oleh lembaga desa, pendamping desa dan unsur lainnya. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan ini tidak boleh dilakukan pemotongan. Kalau pun ada pemotongan yang dilakukan oleh oknum aparatur desa, silahkan laporkan karena itu tidak dibenarkan oleh aturan.

“Dengan dalil apapun bantuan ini tidak boleh dipotong, karena praktek seperti itu tidak dibenarkan oleh aturan,” tegasnya.

Sambungnya, proses penetapan KPM BLT DD diawali dengan Musyawarah Desa (Musdes) khusus. Saat itu disepakati dan dibuatkan berita acara yang dibubuhi tanda tangan bersama. Sehingga jumlah KPM yang disepakati sebanyak 112 orang untuk tahap I dan tahap II.

“KPM BLT DD tidak terakomodir di BST, PKH, BPNT dan Bansos lainnya. Kemudian mereka akan menerima dana sebesar Rp. 300 ribu perbulan,” terangnya.

Ketua BPD Leu, Muhklis, SPd menyampaikan, bantuan yang disalurkan tersebut merupakan
jatah bulan ke satu. Kemudian jatah bulan kedua dan ketiga akan disalurkan dalam waktu dekat ini.

“Selanjutnya untuk jatah bulan keempat dan seterusnya akan disalurkan sesuai pencairan Dana Desa,” ucap Mukhlis.

Ditegaskan pula bahwa setiap ada informasi terkait penyaluran atau apapun terkait BLT DD diharapkan untuk dikonfirmasi ke pihak Pemerintah Desa.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kalau ada keluhan sampaikan ke BPD dan Pemdes sehingga mendapatkan informasi yang jelas,” singkatnya.(BE07)

Share
  • 105
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Desa Mangge Asi, Kecamatan Dompu saat ini masih fokus penanganan dampak pandemi Covid-19 diwilayah kerjanya. Penanganan itu diantaranya dengan kembali...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Untuk mengusir hama tikus, warga Desa Leu memiliki ritual dan rutin dilakukan petani. Sebelum ritual adat usir hama tikus atau Baka Karawo,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Musim Hujan (MH) menjadi momok menakutkan bagi warga yang hidup di bantaran sungai. Seperti halnya dialami warga Desa Leu Kecamatan Bolo Kabupaten...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Dari 14 Desa di Kecamatan Bolo, baru 3 yang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap II. Sementara 11...