Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Lebih 16 Ribu Peserta BPJS di Langgudu Dipastikan Akan Dapatkan Pelayanan

KUPTD Puskesmas Langgudu, Najmah, SST

Bima, Bimakini.- Lebih dari 16 ribu warga Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, jadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jumlah tersebut terdiri dari semua kategori yaitu mandiri, gratis dari Pemerintah, pegawai dan lainnya.

KUPTD Puskesmas Langgudu, Najmah, SST mengatakan, peserta BPJS kesehatan akan terima pelayanan pertama dari puksesmas. Pembayarannya dengan sistem kapitasi, yaitu  dilakukan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama, khususnya  rawat jalan.

“Lebih dari 16 orang warga Kecamatan Langgudu, jadi peserta BJPS Kesehatan,” katanya, senin (15/03).

Lanjutnya, pelayanan kesehatan tingkat pertama untuk peserta BJPS Kesehatan, akan didapatkan di Puskesmas dengan kategori sistem rujukan. Rujukan ada standarnya yaitu bergantung pada kondisi pasien untuk diberlakukan rawat jalan dan rawat inap. Sementara yang dirujuk untuk lebih lanjut di RSUD yaitu pasien yang harus ditangani oleh dokter spesialis.

“Melalui rujukan, standar prestasi kinerja Puskesmas dapat dievaluasi. Karena, semakin tinggi angka kesehatan semakin baik kinerjanya, sementara makin rendah angka kesehatan, semakin menurun kerjanya,” ujarnya.

Puskesmas tugasnya meningkatkan mutu palayan dan kenyamanan, lingkungan bersih, keamanan yang didukung fasilitas lengkap dan fasilitas lainnya dengan maksimal.

“Kinerja Puskesmas akan dievaluasi empat kali pertemuan dalam setahun dengan standarisasi Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBK) oleh Dinas Kesehatan bersama pihak BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (BE10)

Share
  • 18
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Mulai 1 April mendatang, sebanyak 6.747 kartu BPJS Kesehatan dari iuran APBD Kabupaten Bima akan diaktifkan lagi. Sebelumnya sempat dinonaktifkan selama 3...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Ibu hamil yang lengkap administrasi kependudukan (Admininduk) berdasarkan aturan Dukcapil, akan memenuhi syarat untuk bersalin di sarana kesehatan. Sementara yang bersalin di...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, terkonfirmasi positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Pelayanan kesehatan ditutup untuk sementara waktu. Kepala...

Peristiwa

Dompu,  Bimakini.- Rupanya di Kabupaten Dompu, ada penggunaan kartu BPJS Kesehatan warga yang sudah meninggal untuk berobat.  Hal itu diungkapkan pihak BPJS saat acara...