Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Menteri Agama Tinjau Lahan Persiapan Pembangunan Kampus IAIN Kota Bima

Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas didampingi Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, SE, MSc dan Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE, meninjau lokasi persiapan Kampus IAIN di Kelurahan Sambinae, Jum’at (12/3) siang.

Kota Bima, Bimakini.- Jum’at (12/3) siang, Menteri Agama RI,  H. Yaqut Cholil Qoumas didampingi Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, SE, MSc dan WaliKota Bima H Muhammad Lutfi SE, meninjau lokasi persiapan Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Wilayah Kelurahan Sambinae, Kecamatan Mpunda,  Kota Bima

Sebelum meninjau lokasi lahan dihibahkan Pemkot Bima untuk pembangunan kampus IAIN ,  rombongan Menteri Agama Republik Indonesia KH Yaqut Cholil Qoumas tiba di Halaman Kantor Kementerian Agama Kota Bima Jalan Garuda sekitar pukul 11.20 WITA.

Kehadiran Menteri Agama RI ini dalam rangka silaturahim yang dirangkaikan dengan Penyerahan Aset dari Pemerintah Kota Bima Kepada Kementerian Agama Kota Bima.

Turut hadir Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima, Ketua Tim Assesor Perguruan Tinggi serta tamu undangan Iainnya.

Pada kesempatan itu, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan  rencana pembangunan Kampus IAIN di Kota Bima. Sebelumnya Wali Kota Bima bertemu dirinya di kantor Kementerian Agama RI guna penyerahan aset oleh Kota Bima kepada Kementrian Agama termasuk rencana pembangunan rencana pembangunan Kampus IAIN dengan memastikan Pemkot telah menyiapkan lahan seluas 10 hektar.

Melihat kesiapan Pemkot Bima kata Menteri Agama akan menyegerakannya. “Secepat-cepatnya kita akan segera dirikan IAIN pertama di Kota Bima. IAIN harus berdiri dan dalam perkembangannya akan menjadi cikal bakal Universitas Agama Islam (UIN),” ungkap Menteri Agama RI.

Menteri Agama juga menerangkan, salah satu dorongan untuk segera dîbangunnya Kampus IAIN di Kota Bima yaitu agar proses moderasi beragama di Kota Bima umumnya di NTB dapat berjalan dengan cepat.

“Moderasi beragama bukan agamanya yang dimoderatkan sebab agama tidak boleh moderat, tapi perilaku keagamaan kita yang dimoderatkan. Mudah-mudahan IAIN yang sebentar lagi akan berdiri menjadi semacam laboratorium atau semangat dalam moderasi beragama,” harapnya.

Dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti sekolah MIN Tolobali Kota Bima oleh Menteri Agama RI dan penandatangan Prasasti penyerahan aset oleh Pemerintah Kota Bima kepada Kementerian Agama Kota Bima oleh Wali Kota Bima.

Acara kemudian ditutup dengan penandatanganan berita acara penyerahan aset pemerintah Kota Bima kepada Kementerian Agama Kota Bima yang disaksikan oleh Menteri Agama RI, Gubernur NTB, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTB dan Wakil Bupati Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Usai sholat Jum’at bersama di Masjid Nur Latif areal kator Pemkot Bima, rombongan Menteri Agama bersama Gubernur NTB didampingi Wali Kota Bima meninjau lahan persiapan pembangunan kampus IAIN Kota Bima.

Saat berkunjung, Yaqut memastikan lahan dan tegalan yang terlihat di lokasi tidak masuk dalam kawasan hutan negara.

Ketika ditanya soal kelayakan lahan pun, Yaqut mengatakan sangat layak. Apalagi hamparan pemandangan, yang bisa mengakses seluruh wilayah Kota Bima.

Hujan yang mengguyur wilayah Sambinae, membuat rombongan tidak bisa berlama-lama dan segera melanjutkan perjalanan ke bandara Sultan salahuddin Bima untuk kembali ke Jakarta. (BE06)

Share
  • 633
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Menteri Agama Republik Indonesia, Dr Yaqut Cholis Qoumas mengaku rela akan mengesampingkan izin perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia, demi...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.-  Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE., bertemu dan silaturahmi dengan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas di Kediaman Menteri...

NTB

Mataram, Bimakini.- Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, membuka secara resmi Konferensi Internasional Alumni Al-Azhar, di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Mataram, Kamis (19/10/2017)....