Connect with us

Ketik yang Anda cari

Opini

Menuju Musda KAHMI Dompu

Oleh : Suherman

KAHMI Dompu akan menggelar Musda pada Sabtu, 27 Maret 2021 di Gedung Dharma Wanita.

Musda adalah forum tertinggi untuk mengambil keputusan dan kebijakan organisasi serta untuk memilih pengurus (Ketua Umum/Presidium) KAHMI yang akan menahkodai dan menjalankan roda organisasi selama lima tahun.

Terselenggaranya Musda sebagai bukti bahwa kaderisasi, regenerasi dan konsolidasi serta demokratisasi dalam organisasi berjalan secara berkesinambungan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Musda kali ini mengambil tema besar “SilaturaHMI, Konsolidasi dan Kolaborasi”. Sebuah tema yang singkat, padat dan jelas.

Sebagai wadah berkumpulnya orang yang dulu saat bermahasiswa pernah ber HMI, maka KAHMI seyogyanya diletakkaan sebagai sarana untuk menjalin silaturaHMI sesama kader atau alumni HMI.

Bukankah sebagaimana hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim menyatakan “Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Alumni HMI memiliki potensi yang tersebar di seluruh ladang pengabdian di negeri ini. Di Dompu misalnya, alumninya tersebar menjadi pejabat birokrasi, politisi, praktisi hukum, akademisi, pengusaha, penyelenggara pemilu, wartawan, aktivis dan sebagainya.

Idealnya potensi ini apabila mampu dikonsolisadasikan dengan baik, dikelola secara tersistematis. Maka bisa menjadi enegi yang besar.

Dengan potensi yang dimilikinya, KAHMI sebagai sebuah organisasi dapat berkolaborasi dengan pemerintah, stakeholders, ormas, dan masyarakat sipil dalam ikut mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sayangnya, selama ini yang nampak dalam perjalanan KAHMI adalah baru sebatas forum silaturahmi. Sementara konsolidasi dan kolaborasinya belum nampak-kalau tidak mau disebut tidak ada.

Seluruh alumni HMI yang bernaung dalam wadah KAHMI maupun yang masih berada diluar. Secara internal, masih berjalan sendiri-sendiri, susah dan senang ataupun sukses sendiri-sendiri.

Padahal tradisi di HMI adalah tradisi saling membesarkan, saling menopang untuk kemajuan bersama. Termasuk didalamnya dalam mendukung dan menopang proses kaderisasi di HMI.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Secara ekternal, eksistensi KAHMI Dompu juga belum mampu menempatkan diri atau mengambil peran dalam kancah sosial, politik, ekonomi dan sosial budaya serta agama di daerah.

Padahal kelahiran KAHMI tidak lepas untuk berkontribusi nyata dalam meneguhkan misi keumatan dan kebangsaan.

Kedepan, siapapun yang terpilih menjadi pengurus KAHMI Kabupaten Dompu masa bhakti 2021 – 2026 harus mampu mewujudkan dan meneguhkan KAHMI sebagai sarana silaturaHMI, Konsolidasi dan Kolaborasi dalam ikut memberikan warna perubahan bagi Bumi Nggahi Rawi Pahu. Selamat bermusda!!!

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Penulis adalah alumni HMI.

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Koordinator Presidium Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi NTB, Didi Sumardi yang juga Ketua DPRD Kota Mataram berkunjung...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Lima Presidium Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Kabupaten Dompu resmi ditetapkan dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke III...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Pengurus Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Kabupaten Dompu akan mengelar Musyawarah Daerah (Musda) ke III di Gedung...