Connect with us

Ketik yang Anda cari

Opini

Menuju Musda KAHMI Dompu

Oleh : Suherman

KAHMI Dompu akan menggelar Musda pada Sabtu, 27 Maret 2021 di Gedung Dharma Wanita.

Musda adalah forum tertinggi untuk mengambil keputusan dan kebijakan organisasi serta untuk memilih pengurus (Ketua Umum/Presidium) KAHMI yang akan menahkodai dan menjalankan roda organisasi selama lima tahun.

Terselenggaranya Musda sebagai bukti bahwa kaderisasi, regenerasi dan konsolidasi serta demokratisasi dalam organisasi berjalan secara berkesinambungan.

Musda kali ini mengambil tema besar “SilaturaHMI, Konsolidasi dan Kolaborasi”. Sebuah tema yang singkat, padat dan jelas.

Sebagai wadah berkumpulnya orang yang dulu saat bermahasiswa pernah ber HMI, maka KAHMI seyogyanya diletakkaan sebagai sarana untuk menjalin silaturaHMI sesama kader atau alumni HMI.

Bukankah sebagaimana hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim menyatakan “Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.

Alumni HMI memiliki potensi yang tersebar di seluruh ladang pengabdian di negeri ini. Di Dompu misalnya, alumninya tersebar menjadi pejabat birokrasi, politisi, praktisi hukum, akademisi, pengusaha, penyelenggara pemilu, wartawan, aktivis dan sebagainya.

Idealnya potensi ini apabila mampu dikonsolisadasikan dengan baik, dikelola secara tersistematis. Maka bisa menjadi enegi yang besar.

Dengan potensi yang dimilikinya, KAHMI sebagai sebuah organisasi dapat berkolaborasi dengan pemerintah, stakeholders, ormas, dan masyarakat sipil dalam ikut mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT.

Sayangnya, selama ini yang nampak dalam perjalanan KAHMI adalah baru sebatas forum silaturahmi. Sementara konsolidasi dan kolaborasinya belum nampak-kalau tidak mau disebut tidak ada.

Seluruh alumni HMI yang bernaung dalam wadah KAHMI maupun yang masih berada diluar. Secara internal, masih berjalan sendiri-sendiri, susah dan senang ataupun sukses sendiri-sendiri.

Padahal tradisi di HMI adalah tradisi saling membesarkan, saling menopang untuk kemajuan bersama. Termasuk didalamnya dalam mendukung dan menopang proses kaderisasi di HMI.

Secara ekternal, eksistensi KAHMI Dompu juga belum mampu menempatkan diri atau mengambil peran dalam kancah sosial, politik, ekonomi dan sosial budaya serta agama di daerah.

Padahal kelahiran KAHMI tidak lepas untuk berkontribusi nyata dalam meneguhkan misi keumatan dan kebangsaan.

Kedepan, siapapun yang terpilih menjadi pengurus KAHMI Kabupaten Dompu masa bhakti 2021 – 2026 harus mampu mewujudkan dan meneguhkan KAHMI sebagai sarana silaturaHMI, Konsolidasi dan Kolaborasi dalam ikut memberikan warna perubahan bagi Bumi Nggahi Rawi Pahu. Selamat bermusda!!!

Penulis adalah alumni HMI.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Berita

Dompu, Bimakini, – Majelis Daerah Forum HMI Wati (Forhati) dan Korps Alumni HMI (KAHMI) Kabupaten Dompu melaksanakan kegiatan berbagi sembako kepada warga tidak mampu,...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Bidang Politik dan Hukum Majelis Daerah Korps Alumni HMI (KAHMI) Kabupaten Dompu akan menyelenggarakan diskusi publik dengan tema “Sistem Pemilu Untuk...

Berita

Dompu, Bimakini. – Musyawarah Wilayah (Muswil) Ke VII Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi NTB akan dilaksanakan 17-18 Desember 2022 bertempat...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Upaya mendinginkan suasana pasca kericuhan antara anggota polisi dengan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu saat aksi penolakan kenaikan harga...

Berita

Dompu, Bimakini. – Upaya membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kabupaten Dompu yang religius, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Dompu menggelar acara Haflah...