Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

PAD IMB Sudah Disetor Awal Tahun 2021

Adhi Aqwam

Kota Bima, Bimakini.- Dugaan adanya pengemplangan pajak setoran Pendapat Asli Daerah (PAD) Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Dinas PUPR diakui sudah disetor Januari 2021.

Hal tersebut  dikatakan Kabid Penagihan dan Pelayanan BPKAD Kota Bima, Adhi Aqwam, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di ruangannya, Rabu (24/3).

Sisa uangnya bukan disetor pada tahun berjalan atau 2020, tapi Januari 2021. Dari data yang ada Retribusi IMB tersebut harusnya disetor 31 Desember 2020. Jika tidak, maka itu akan menjadi piutang dan harus ditagih.

“Dan dinas tersebut sudah membayar sekitar Rp 200 lebih juta dan telah masuk kas daerah,” ungkapnya.

Sesuai aturan sambung Adhi, pembayaran retribusi ini mestinya 1×24 jam dan ini berlaku untuk semua jenis retribusi. Namun, semua OPD hampir menyetor piutang tersebut pada tahun kemudian.

Makanya, kata dia, ini menjadi kelemahan sistem Pemkot Bima yang setor secara tunai, karena tidak langsung masuk ke kas daerah.

Pihaknya sekarang merancang sistem pembayaran retribusi non tunai, agar bisa langsung masuk ke kas daerah.  “Kami tidak bisa menilai apakah ini berdampak hukum karena setoran ini dilakukan setelah ada temuan dan pada tahun berikutnya. Tapi secara aturan tidak ada masalah, karena intinya sudah disetor,” pungkasnya. (BE06)

Share
  • 3
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Bima, Fahad mengaku hanya kelalaian bukan disengaja atas keterlambatan penyetoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersumber...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Temuan Bocornya Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersumber dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB)  di Bagian Cipta Karya Dinas PUPR ditanggapi Plt Kepala...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Diduga uang dari pengurusan IMB tahun 2020 tidak disetorkan ke kas daerah. Ini berdasarkan temuan Inspektorat Kota Bima pada Bidang Cipta...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Untuk mendorong peningkatan pendapatan, Pemkot Bima melalui Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKAD) mulai tahun 2021 ini memasang alat perekam...