Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Siswa MAN 2 Bima Senang Timba Ilmu Jurnalistik

Siswa MAN 2 Bima dan Guru Pembina.

Bima, Bimakini.- Siswa/i Madrasah Aliyah (MA) Negeri 2 Kabupaten Bima, ikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima pada kamis (04/03). Pelatihan Jurnalistik merupakan pelajaran dan pengalaman pertama.

Guru Pembina MAN 2 Sape, M Akbar, SPd mengucapkan terimakasih pada Himakom STISIP Mbojo Bima yang telah mengundang MAN 2 Sape untuk ikuti kegiatan ini.  Ini sangat dibutuhkan siswa/i dalam mengahadapi era modernisasi yang serba online.

“Khususnya pengurus Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan untuk kebutuhan mading sekolah sebagai pemberi informasi pada seluruh siswa, guru maupun perangkat manajemen sekolah, semuanya bergantung pada lincahnya berperan sebagai jurnilistik” katanya, Jumat (05/03).

Salah seorang siswa MAN 2 Bima, Nurul Widyanti Putri mengatakan, senang bisa mengikutinya. Ada lima perwakilan MAN 2,  yaitu Nurul Widyanti Putri kelas XI IPA 3, Meryanti, Lulu Julianti, Nurul Muslimah, dan Popi Merkuri dari kelas XI IPA 1. Ikut serta juga Guru Pembina M Akbar, SPd.

Lanjut Nurul, dalam perjalanan, sempat terkendala karena bus yang ditumpangi alami kerusakan. Namun, setelah ada bus lain lewat, perjalanan dilanjutkan.

“Memasuki tempat kegiatan, panitia sambut dengan ramah serta imbau untuk ikuti protokol kesehatan Covid-19 seperti jaga jarak, pakai masker dan gunakan handsanitizer yang disediakan panitia,” tuturnya.

Materi yang disuguhkan kode etik dan etos kerja jurnalistik, Pers sebagai koreksi dan kontrol sosial, dan mudahnya menulis berita. Selain terima materi, juga dilatih menulis berita dan menjadi reporter dengan pembagian tugas sebagai narasumber, reporter, notulen, perancang dan kameramen.

“Sebelum balik Sape, kami abadikan momen melalui foto bersama dengan peserta lain, panitia dan pembina. Lalu, keluar di area STISIP menuju warung makan untuk santap bakso dan nasi goreng sebagai pengganjal perut. Perjalanan pulang habiskan waktu 2 jam, hingga sampai di Sape sekitar pukul 21.00 wita,” pungkasnya. (BE10)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Penampilan siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bima, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, dalam Pentas Senin (Pensi), Sabtu 9 Maret 2024,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Bima menggelar pelatihan jurnalistik tingkat dasar, Jumat 13 Oktober 2023. Pelatihan di aula Museum Samparaja ini akan...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SPMN) 9 Kota Bima akan menggelar pelatihan jurnalistik bagi “Agen Wharima” siswa/siswi, Senin 14 Agustus 2023. Selain...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Gadis manis, Indah Lestari (16 Tahun) buah hati belahan jiwa Ilyas dan Emi Rustika. Lahir di Desa Soro Kecamatan Lambu. Siswa kelas...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ada yang beda dengan Pelatihan Jurnalistik Jilid II yang helat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bima di akhir tahun 2021 ini. Apakah itu?...