Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Siswa SMAN 3 Kota Bima Praktek Shalat Jenazah

Peringatan Isra’Mi’raj Nabi Muhammad SAW dirangkai praktek shalat jenazah di SMAN 3 Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Di era globalisasi dan perkembangan zaman yang makin maju, sekolah terus dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang keagamaan. Banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan membekali siswa dengan belajar tentang sholat jenazah. Sholat jenazah sendiri adalah sholat yang wajib dilakukan ketika ada orang muslim yang meninggal dunia.

Seperti yang dilakukan di SMA Negeri 3 Kota Bima Jumat 12 Maret 2021 lalu. Pada moment peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW mereka melakukan demonstrasi sholat jenazah oleh beberapa siswa kelas XII.

Kepala SMA Negeri 3 Kota Bima, Drs. Syaiful, M.Pd memaparkan, hal ini dilakukan sebagai bagian dari pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa tentang sholat jenzah baik menyangkut pengertian, tata cara maupun jenis sholat jenazah. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan sholat jenazah adalah rukun sholat jenazah. Hal ini karena rukun sholat jenazah berbeda dengan rukun sholat pada umumnya.

Ia juga berharap, apa yang sudah dipelajari siswa di sekolah dapat diterapkan dengan baik di tengah masyarakat. “ Inilah salah satu hasil pembelajaran siswa di sekolah dan mudah-mudahan bermanfaat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, praktek sholat jenazah yang dilakukan juga dikemas dengan menarik. Dimana setelah sholat jenazah dilakukan kemudian diikuti dengan pementasan puisi yang bercerita tentang mengingat kematian. Dalam puisi tersebut, kita juga diajak untuk memperbaiki diri dan bertobat sebelum ajal menjemput.

Usai demonstrasi sholat jenazah, sekolah juga memberikan piagam penghargaan kepada para siswa. Menariknya, piagam tersebut diberikan langsung oleh orang tua siswa sebagai bentuk penghargaan atas usaha anak-anaknya. (K05)

Share
  • 40
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pasca-bencana banjir di Kabupaten Bima, Jumat (2/4), berbagai pihak  membantu korban. Termasuk oleh SMAN 3 Kota Bima. Penyaluran bantuan Sabtu (3/4)...

Peristiwa

  Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima memperingati Isra dan Mi’raj di Masjid At – Taubah RT 08 Dusun IV...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Laju, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, gelar kegiatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah, Sabtu (13/3) malam, di Masjid Al-Kubra...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Pandemi virus Covid19 belum juga berakhir, SMAN 3 Kota Bima menggelar yasinan bersama, Jumat pagi (26/2/2021). Kegiatan yang digelar di halaman...