Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Banjir Menerjang Bima, SDM PKH Bergerak Konsolidasi Bantuan Siap Saji

SDM PKH sediakan makanan siap saji.

Bima, Bimakini.-  Bencana banjir yang menerjang sejumlah Desa di Kabupaten Bima, disebabkan intenitas hujan yang tinggi, Jumat (2/4). Sejumlah rumah warga terdampak dan langsung mencari lokasi pengungsian. SDM PKH Kemensos RI langsung bergerak konsolidasi barang makanan siap saji dan barang tanggap darurat lainya.

Di Kabupaten Bima, beberapa hari terakhir intensitas hujan yang tinggi menyebabkan luapan di sejumlah tempat. Seperti Desa Rato, rumah warga di bantaran sungai, Debit air sungai di bagian selatan Desa Rato, cukup tinggi. Bahkan menyasar fadilitas umum sepertii kompleks pasar Sila. Air banjir meluap dengan ketinggian aii hingga lutut orang dewasa.

Terjangan banjir membuat warga mengungsikan barang berharganya ke tempat lebih aman. Seperti di Desa Rasabou, Leu, Timu, dan Tambe sebagian. Karena ratusan rumah dalam kondisi terendam hingga bagian atap.

Koordinator PKH Kabupaten Bima, Muhammad Yasin mengatakan, sejak peristiwa banjir yang menerjang pemukiman warga pada malam itu, langsung mengerakan dan konsolidasi dengan seluruh SDM PKH. Langkah koordinasi yang diambil antaranya mengintruksikan Koordinator Kecamatan dan Pendamping PKH mengidentifikasi Jumlah SDM dan KPM PKH terdampak Banjir serta mendukungan pihak yang berkepentingan di Lokasi.

Selanjutnya, mengintruksikan seluruh SDM PKH yang tidak terdampak, untuk bersama Tagana turun ke lapangan membantu korban banjir dan menggalang dukungan bantuan serta membantu di Posko Dapur Umum.

“Untuk sementara, kami sedang berproses mendata SDM dan KPM yang terdampak,” Ungkapnya, Sabtu (3 / 4) pagi.

Pascabanjir, lanjut Yasin sapaan akrab Koordinator PKH ini, sebelum itu, telah mendapatkan intruksi dari Koordinator Wilayah NTB, agar SDM PKH mendata SDM PKH dan KPM PKH terdampak. Selanjutnya mendistribusikan bahan makanan siap saji dan obat obatan yang dibutuhkan. Berikut mendukung Tagana di posko dapur umum dan menyisir warga lainnya.

“Barang siap saji telah kami distribusikan pagi ini,” akunya

Dukungan juga datang dari SDM PKH Kota Bima, mendukung SDM PKH Kabupaten Bima. Di bawah komando Korkot Kota Bima, Husni. (BE04)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
  • 34
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, akan membangun 185 unit rumah khusus untuk masyarakat terdampak bencana banjir tahun...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kapal ADRI-LI yang mengangkut perlengkapan untuk membangun tiga jembatan di Kecamatan Madapangga, yang rusak akibat banjir, merapat di pelabuhan laut Bima, Jumat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Intensitas hujan cukup tinggi yang terjadi di wilayah Kecamatan Donggo dan Madapangga mengakibatkan terjadinya banjir di Desa Ncandi, Kamis (8/4), sekitar pukul...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pascabanjir  di sejumlah kecamatan di  Kabupaten Bima, masih menyisakan duka bagi korban yang terdampak. Salah satunya di Desa Rabakodo, Kecamatan Woha. Bupati...