Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

BPD Laju Gelar Musdes RKPDes Tahun 2021

Suasana Musdes Desa Laju.

Bima, Bimakini.- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Laju, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) pertama tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2021, Senin (26/4/2021).

Ketua BPD Laju, Najamudin, mengatakan pelaksanaan Musdes ini sudah terlambat, karena terjadi kendala teknis di tingkat pemerintahan desa.

“Melalui Musdes pertama ini, akan dibentuk tim penyusunan RKPDes, dengan harapan tim yang dibentuk tidak sekadar formalitas, tapi harus difungsikan secara totalitas,” katanya.

Kades Laju, Ismail S.Sos, mengatakan penyusunan RKPDes yang dikerjakan sesuai Poksi yang ada. Kalaupun masih ada kekurangan dalam prosesnya, akan dijadikan pembelajaran. Karena sistem kerja masih tahap perdana dan masih berkoordinasi dengan pihak di luar Desa Laju.

“Terlambatnya proses penyelesaian RKPDes karena belum ada kesesuaian. Sementara tim yang bekerja, sudah saya berikan SK sebanyak tujuh orang. Kalaupun tidak berfungsi sebagiannya, saya belum ada laporan. Tapi dalam pembentukan tim berikutnya, akan diperbaiki,” terangnya.

Ismail menambahkan, setelah rangkaian RKPDes selesai dan ditetapkan secara definitif, akan ditindaklanjuti supaya ada kesesuaian dan diajukan ke Camat dan DMPDes supaya mendapatkan bimbingan lanjutan.

“Tim penyusunan RKPDes yang akan dibentuk, akan melibatkan Ketua RT dan RW, akademisi, tokoh masyarakat dan lainnya sesuai SDM yang ada di Desa Laju,” ujarnya.

Koordinator Pendamping Desa, Amirudin S.Sos, mengatakan merujuk pada ketentuan yang ada, Desa Laju termasuk terlambat dalam menyusun RKPDes tahun 2021. Sementara agenda Musdes tentang RKPDes akan membahas apa yang akan dikerjakan selama tahun 2021.

“Dalam pembahasan Musdes, mungkin akan ada tanggapan dari masyarakat yang belum bisa dikerjakan tahun ini, bisa disesuaikan untuk tahun berikutnya,” katanya.

Untuk tim penyusun RKPDes yang dibentuk, Sambung Amirudin, ketua tim adalah hasil dari Musdes. Untuk anggota ke bawah, sesuai pilihan ketua tim yang bisa diajak kerjasama, lalu akan diberikan SK oleh Kades.

“Harus juga ada tim verifikasi usulan kegiatan yang dibentuk. Fungsinya, untuk memastikan kelayakan kegiatan yang diusulkan oleh masyarakat saat Musdes, supaya bisa ditetapkan di RKPDes. Karena yang direncanakan dalam Musdes, akan disesuaikan dengan anggaran,” imbuhnya.

Dikatakan Amirudin, setelah selesai penyusunan RKPDes oleh tim, akan diserahkan kembali ke Kades, lalu Kades menyerahkan ke Ketua BPD untuk dirapatkan secara internal supaya bisa dilanjutkan dengan Musrenbangdes, dengan agenda Musdes kedua, lalu diputuskan dan lebih lanjut diserahkan ke Kabupaten untuk dievaluasi.

“Untuk sistem terbaru dengan istilah Tujuan Sasaran Berkelanjutan Pembangunan Desa, akan dilakukan pendataan berbasis aplikasi melalui android. Desa Laju, sudah terdaftar di Kemendes dan sudah bisa di akses dengan aplikasi tersebut. Langkah berikutnya, akan berikan Bimtek pada Ketua RT dan RW yang akan dilibatkan dalam pekerjaan tersebut,” pungkasnya.

Musdes dihadiri oleh Pemdes, BPD, Pendamping Desa, Ketua RT dan RW, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, tokoh agama, tokoh wanita dan lainnya. ILY

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- DPD PDI Perjuangan angkat bicara terkait mundurnya H. Lalu Budi Suryata sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTB dan sekaligus sebagai kader Partai...

Peristiwa

Dompu, Bimakini – Setelah bentrokan terjadi antara massa aksi dari Aliansi Tani Menggugat yang menuntut kenaikan harga jagung dengan aparat Kepolisian di Kecamatan Manggelewa...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Setekah mendapat surat tugas sebagai Calon Wakil Wali Kota Bima pada Pilakda 2024, Ketua DPD Golkar Kota Bima, Alfian Indrawirawan, menyebut...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat untuk menyukseskan Festival Rimpu yang akan dilaksanakan di Kota Bima, 27...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- HMI Cabang Bima meminta kepada Kapolda NTB mengevaluasi penanganan aksi massa di wilayah Nusa Tenggara Barat. Pasalnya, Penanganan aksi oleh kepolisian selalu...