Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Dampak Banjir, Penggilingan Padi dan Kandang Ayam di Rasabou Hanyut

Warga hanya bisa meratapi dan pasrah atas musibah banjir.

Bima, Bimakini.- Musibah banjir yang terjadi Jumat (2/4), sekitar pukul 14.00 Wita, mengakibatkan 193 KK 587 jiwa di Desa Rasabou Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima terdampak. Parahnya, penggilingan padi dan kandang ayam milik Asmadi warga RT 01 Dusun 01 desa setempat hanyut.

Berdasarkan keterangan Asmadi, gudang penggilingan hanyut bersama beras 500 kg, dedak 10 ton kg dan gabah 1 ton. Selain itu, 1000 ekor ayam potong siap panen juga terbawa arus.
“Hanya mesin penggilingan tersisa, sedangkan kandang ayam terseret arus banjir,” ujarnya, Ahad (4/4).

Tidak hanya itu, sambung Asmadi, dua unit rumah miliknya rusak parah akibat dihantam banjir. Saat ini dirinya bersama istri dan anak – anak menumpang tidur di rumah keluarga.
“Tembok rumah jebol dihantam banjir dan banyak perabot rumah tangga terbawa arus,” tuturnya.

Dirinya mengaku tidak dapat berbuat banyak terkait musibah ini, apalagi beras, gabah dan dedak yang hanyut terseret air adalah milik orang lain. “Total kerugian ditaksir Rp 400 juta,” ungkapnya.

Diharapkannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima turun ke lokasi untuk mengecek kondisi terkini pasca terjadinya banjir. Selain itu dirinya berharap, pemerintah ambil bagian untuk membantu sekaligus meringankan beban dialaminya.

“Semoga pemerintah dan pemerhati mau membantu, sehingga meringankan beban dialami,” harapnya.

Pantauan di lapangan, selain rumah Asmadi, beberapa rumah warga di Rasabou yang hampir tenggelam akibat banjir yakni rumah milik Yong Safari, Drs. Dahlan M Saleh, Suaidin SAg dan Imo. Akibat peristiwa tersebut, tidak sedikit perabot rumah tangga terbawa arus air, sementara para korban masih tidur di rumah keluarga dan tetangga, sembari melakukan bersih – bersih.(BE07)

Share
  • 79
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, akan membangun 185 unit rumah khusus untuk masyarakat terdampak bencana banjir tahun...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kapal ADRI-LI yang mengangkut perlengkapan untuk membangun tiga jembatan di Kecamatan Madapangga, yang rusak akibat banjir, merapat di pelabuhan laut Bima, Jumat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Intensitas hujan cukup tinggi yang terjadi di wilayah Kecamatan Donggo dan Madapangga mengakibatkan terjadinya banjir di Desa Ncandi, Kamis (8/4), sekitar pukul...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pascabanjir  di sejumlah kecamatan di  Kabupaten Bima, masih menyisakan duka bagi korban yang terdampak. Salah satunya di Desa Rabakodo, Kecamatan Woha. Bupati...