Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Dampak Banjir, Petani Tambak dan Garam Desa Talabiu Rugi Rp3,312 Miliar

Kondisi lahan tambak garam dan ikan yang berubah jadi lautan.

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, mendata kerugian yang dialami petani garam dan tambak melalui Ketua RT dan Kepala Dusun. Kerugian akibat banjir  mencapai miliaran rupiah.

Kades Talabiu melalui Sekdes Abdul Rafik SPd, menjelaskan, luas lahan tambak yang digunakan untuk budidaya garam dan bandeng yaitu 330,55  hektar. Sementara luas lahan yang terkena musibah banjir lebih dari 280 hektar dari tiga lokasi.

Kata dia, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan oleh Ketua RT dan Kepala Dusun, Pemdes mengeluarkan daftar nama dan kerugian yang dialami petani sejak Ahad (4/4) lalu.

Diantranya dialami  Ridwan H Nurdin, rugi garam 600 zak, bandeng 2.000 ekor  dengan Rp 18 juta. Amirudin H Ishaka garam 500 zak, bandeng 7.000 ekor dengan kerugian Rp 18 juta. Sukrin Abakar      garam 700 zak, bandeng 6.000 ekor kerugian Rp 18 juta dan lainnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Dari jumlah total kerugian yang dialami masyarakat Desa Talabiu, secara keseluruhan dapat dijumlahkan jadi Rp3,312 miliar,” ujarnya baru ini.

Kata Sekdes, berharap Pemerintah Pusat peduli pada musibah yang dialami.  “Selain itu, berharap agar pemerintah mengeluarkan peraturan terkait lega logi yang dilakukan oleh masyarakat.  Juga berharap ada bantuan perbaikan infrastruktur baik jalan ekonomi maupun bronjongnisasi sungai yang ada di lahan tambak,” pungkasnya. (BE10)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Sekitar enam hektar tambak di Desa Laju, Kecammatan Langgudu, Kabupaten Bima, terkikis saat musim hujan lalu. SeAda 12 petak tambak alami longsor...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, akan membangun 185 unit rumah khusus untuk masyarakat terdampak bencana banjir tahun...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kapal ADRI-LI yang mengangkut perlengkapan untuk membangun tiga jembatan di Kecamatan Madapangga, yang rusak akibat banjir, merapat di pelabuhan laut Bima, Jumat...