Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Disnaker Kota Bima Adakan Pelatihan Bahasa Jepang

Kota Bima, Bimakini.- Guna mendorong sumber daya manusia (SDM) bagi pencari kerja, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengadakan kegiatan pendidikan dan pelatihan bahasa Jepang berdasarkan kluster kompetensi.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Balai Latihan Kerja (BLK), Kamis (15/4/2021) tersebut, turut dihadiri Asisten II Setda, Hj. Rini Indriati, Kepala Disnaker, H Tafsir, Kepala UPT BP2MI Mataram, Sabri, Camat Rasanae Barat, Hj. Suharni, Sekretaris Disnaker, Gufran, sejumlah kepala OPD dan 20 peserta pelatihan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, H Tafsir, menyampaikan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi calon tenaga kerja, agar dapat bersaing dalam dunia kerja, ketika berada di luar negeri.

“Kami berharap para peserta pelatihan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, baik itu keterampilan penguasaan menulis dan kecakapan berbahasa,” ujarnya.

Tafsir menjelaskan, untuk membantu pelaksanaan kegiatan pelatihan pihaknya turut dibantu oleh instruktur profesional yang memiliki lembaga penguasaan bahasa Jepang. Secara teknis, seluruh peserta akan mengikuti program selama satu bulan atau 120 jam belajar.

Setelah proses belajar selesai, kemudian para peserta akan kembali mengikuti pelatihan di BP2MI Mataram, yang sekaligus akan diseleksi apakah layak dan memenuhi syarat untuk diberangkatkan untuk bisa menjadi tenaga kerja formal, yaitu tenaga kesahatan di negara Sakura tersebut.

“Semoga seluruh rangkaian proses pelatihan ini bisa diikuti dengan baik oleh peserta, sehingga pada saat penempatan sudah bisa langsung bekerja,” katanya.

Sementara itu, Asisten II Setda, Hj. Rini Indiarti, berharap pada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan harus menyerap dengan baik dan bisa mengembangkan, mengaplikasikan ilmu yang diperoleh.

“Semoga dengan penguasaan ilmu pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam kerja serta memahami sikap dan budaya. Maka ke depan bisa menjadi tenaga kerja handal dan profesional,” tutupnya. BE06

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Guna memastikan pengunjung objek wisata di wilayah Kecamatan Pajo, taat menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dan aman. Kapolsek Pajo, IPTU Abdul...

Peristiwa

Mataram, Bimakini. – Budaya Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sangat beragam. Mulai dari seni tari, pewayangan, alat musik tradisional hingga sistem penanggalan atau...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Diduga mencuri emas saat korban berangkat shalat Idul Fitri 1442 H, seorang pemuda (21) asal Dusun Ketontembi, Desa Karamabura, Kecamatan Dompu...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.-  Karena masih dianggap baru dan belum beredar luas di tengah-tengah masyarakat, sejumlah pedagang menolak uang kertas Rp75 ribu dari konsumen. Kenyataan itu...