Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Harga di Bawah HPP, Bulog Turun Tangan Beli Gagah Petani

Bulog siap beli gabah petani saat harga turun.

Dompu, Bimakini. – Perum Bulog Cabang Bima langsung bertindak menanggapi informasi soal harga gabah di Kabupaten Dompu yang berada dibawah HPP.

Kepala Perum Bulog Cabang Bima, Sawaludin Susanto., langsung koordinasi dengan Dinas Pertanian, Perdagangan dan KTNA Kabupaten Dompu. Dia menyampaikan bahwa akan menurunkan tim Satker Gabah untuk langsung turun membeli gabah pada petani, untuk mendukung itu perlu adanya sinergi dengan dinas terkait.

Anto menyatakan, bahwa Bulog siap membeli gabah ke petani sesuai HPP Permendag Nomer 24 tahun 2020 sepanjang kualitas sesuai. Gabah yang dibeli adalah GKG Harga 5.300/Kg depan Gudang Bulog dan GKP harga 4.200/Kg dengan kualitas KA Maksimal 25 persen hampa maksimal 10 persen. Namun apabila diluar kualitas tentunya harga akan dilakukan rafaksi harga sesuai kualitas GKP.

Katanya, apabila harga gabah diluar kualitas HPP kadar airnya tinggi, hampanya tinggi dan banyak butir hijau maka pembeli akan melakukan rafaksi harga karena nanti akan berpengaruh pada randemen gabah ke beras.

“Bulog juga akan pasang spanduk harga gabah sesuai HPP Di spot-spot panen di Kabupaten Dompu,” terangnya.

Agar informasi harga sampai petani, Ketua KTNA Kabupaten Dompu H. Zainal menyampaikan perlunya disosilisasi akan harga HPP kepada petani, karena banyak petani belum mengetahui informasi harga HPP gabah dan juga rafaksinya jika KA nya tinggi.

“Apa yang dilakukan Bulog Cabang Bima dengan mengumpulkan petani dan juga penyuluh sudah tepat jadi informasi juga tersebar apalagi akan dipasang spanduk harga HPP disetiap spot panen,” urainya.

Senada disampaikan Syarifuddin salah satu pengusaha penggilingan di Desa Dore Bara, Kabupaten Dompu. Katanya, bahwa panen tepat waktu menunggu butir padi menguning secara keseluruhan akan meningkatkan mutu gabah sehingga akan menaikkan harga gabah petani.

“Jadi perlu disosialisasikan ke petani. Selain itu penggunaan pupuk berimbang, cuaca ekstrim dan pengakit tanaman menentukan kualitas gabah,” cetusnya.

“Kami siap mendukung penyebaran informasi melalui spanduk ke petani dan memberi informasi ke petani terkait harga HPP. Siap mendampingi Bulog membeli Gabah ke petani,” kata Ketua PERHIPTANI Dompu, Sudirman. (BE11)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
  • 191
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Sejumlah petani padi So Doro Cumpa, Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja melakukan aksi blokade jalan menggunakan batu dan kayu depan masjid...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Dampak banjir tidak saja menyapu sekaligus merusak infrastruktur, tapi padi yang disimpan warga di gudang sudah mengeluarkan akar ibarat benih padi yang...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Langkah awal diambil oleh Bulog Cabang Bima membantu korban Banjir di Kab Bima dengan segera menyalurkan beras Cadangan Beras Pemerintah (CBP)...

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Panen raya sudah mulai dibeberapa wilayah di Kabupaten Dompu. Untuk memastikan harga gabah GKP stabil di tingkat petani, Satuan Kerja (Satker)...