Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Hari Jadi ke 206, AKJ – SYAH Ajak Wujudkan Dompu Mashur

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Dompu.

Dompu, Bimakini. – Pada momen upacara bendera memperingati Hari Jadi Kabupaten Dompu ke 206 tahun 2021 dilapangan beringin, Ahad (11/04).

Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Dompu yang mandiri, sejahtera, unggul dan religius (Mashur).

Hal itu disampaikannya sesuai dengan tema hari jadi Kabupaten Dompu ke 206 tahun 2021, yakni “Melalui momen hari jadi Dompu, kita bangkitkan partisipasi masyarakat menuju Dompu yang Mashur (Mandiri, sejahtera, unggul dan religius)”.

Kata dia, tema itu mengandung makna dan semangat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki. Baik sumber daya manusia, maupun sumber daya alam yang melimpah saat ini.

“Harapannya kita menjadikan daerah Dompu yang memiliki daya saing yang tinggi dilingkup regional maupun nasional tanpa mengaibaikan kelestarian alam dan lingkungan, serta peningkatan iman dan takwa kita pada Allah SWT,” kata Bupati berslogan AKJ – SYAH ini.

Lebih jauh dijelaskannya, bahwa di usianya yang ke 206 tahun ini. Kabupaten Dompu tentunya telah banyak melalui dinamika yang beragam. Peringatan hari jadi memberi makna dan mendorong daerah untuk menengok masa lalu sebagai sejarah, sebagai pondasi yang kokoh dan referensi untuk menepaki masa kini dan masa depan yang lebih baik.

Selain itu, lanjutnya. Hari jadi Dompu juga harus dijadikan sebagai sarana untuk intropeksi diri, menjadikan diri selalu bermakna dan mampu memberikan jawaban atas segala persoalan dan tuntutan jaman, serta respontif dengan tantangan peradaban kedepan.

“Kita dapat berupaya merancang dan mendesain formula masa depan, berlandaskan realita dan dinamika yang berkembang tanpa melupakan nilai-nilai peristiwa bersejarah di masa lalu,” urainya.

Menurutnya, kemajuan Kabupaten Dompu yang dinikmati saat ini, berkat usaha dan upaya yang luar biasa dari para pemimpin terdahulu. Mereka bahu membahu, berupaya sebaik-baiknnya untuk membangun daerah ini.

Oleh karenanya, sudah sepatutnya untuk menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada para pendahulu daerah ini. Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

“Kita yang hidup di zaman ini, berharap dapat menjaga, merawat dan meneruskan perjuangan mereka untuk kemajuan dan keberlanjutan pembangungan sehingga Dompu yang Mashur dapat kita wujudkan,” terangnya.

Disebutkannya, berdasarkan potensi komoditi unggulan Kabupaten Dompu. Maka program unggulan daerah lima tahun kedepan adalah mengembangkan komoditi jagung, porang, padi, sapi dan ikan (JARA PASAKA).

Untuk mewujudkan itu, pemerintah akan membangun kelembagaan yang kuat melalui Bumdes dan Koperasi Petani dan Lembaga-lembaga ekonomi desa (PASAKA DESA). Kemudian seterusnya berkolaborasi secara sinergis dengan perusahan daerah dibidang pangan demi mewujudkan Dompu yang Mashur.

“Daerah akan bekerja keras, bahu membahu dengan melibatkan semua elemen, tentunya dengan mengharap dukungan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat, terutama legislatif,” cetusnya.

Disamping upaya memajukan daerah dengan beberapa program unggulan, AKJ – SYAH juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

“Pada kesempatan ini, saya juga melaunching program Dompu bersih, hijau dan sehat (Dompu BERJASA),” terangnya.

Upaya tersebut, katanya sebagai ikhtiar agar masyarakat Kabupaten Dompu terbiasa dengan menjaga kebersihan lingkungan, gemar menanam dan memelihara tanaman, baik dipekarangan maupun lahan-lahan pertaniannya, serta dapat menjaga kesehatan dengan gemar berolahraga melakukan pemeriksaan dini kesehatan, donor darah dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Selain dihadiri pimpinan Forpinda Kabupaten Dompu, upacara bendera memperingati Hari Jadi Kabupaten Dompu ke 206 tahun 2021 tersebut juga dihadiri Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Dr. H. Anwar Usman, AH, MH., Walikota Bima, Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Bima. (AZW)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Ditengah menghadapi pandemi Covid-19, Kabupaten Dompu juga dihadapkan dengan bencana alam banjir bandang di Kecamatan Huu, Pajo, Dompu dan Woja. Bupati...