Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Kecewa Gabah tidak Dibeli, Petani di Dompu Blokade Jalan

Aksi blokade jalan oleh petani di Dompu.

Dompu, Bimakini. – Sejumlah petani padi So Doro Cumpa, Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja melakukan aksi blokade jalan menggunakan batu dan kayu depan masjid Kelurahan setempat, Jum’at (09/04) malam.

Aksi itu terpaksa petani lakukan untuk melampiaskan kekecewaan mereka karena seharian menunggu tim Bulog yang menjanjikan untuk membeli gabah petani dengan harga Rp 4.200 per Kg.

“Kami para petani So Doro Cumpa merasa resah dan gelisah bahwa sekarang tidak ada pembeli dari tengkulak maupu Bulog yang menjanjikan untuk membeli padi para petani,” keluh sejumlah petani.

Sebelumya, Kepala Perum Bulog Cabang Bima – Dompu sudah bersedia membeli gabah petani seharga Rp 4.200 per Kg. Tetapi dengan syarat kadar air (KA) maksimal 25 persen dan hampa minimal 10 persen serta tidak rusak.

Faktanya, banyak gabah milik petani sebahagian sudah menghitam dan ada yang sudah mengakar. Hal itu disebabkan karena cuaca yang tidak bersahabat dan petani memanen gabah tidak tetap waktu.

“Tim kami juga turun membeli gabah petani, tetapi karena personel terbatas tidak mampu menjangkau semuanya. Silahkan petani di Woja untuk bawa sendiri gabahnya di gudang dryer Bara dengan sewa mobil. Nanti timbang disana, ada jembatan timbang. Berapapun banyak gabahnya, kita pasti bayar yang penting gabahnya tidak rusak,” kata Kepala Perum Bulog Cabang Bima – Dompu, Sawaludin Susanto menanggapi aksi petani itu. (AZW)

Share
  • 146
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Provinsi NTB, Senin (3/4) meminta Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE hadir untuk menanggapi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kesulitan air bersih sudah menjadi langganan dialami warga Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Provinsi NTB. Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Dampak banjir tidak saja menyapu sekaligus merusak infrastruktur, tapi padi yang disimpan warga di gudang sudah mengeluarkan akar ibarat benih padi yang...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Langkah awal diambil oleh Bulog Cabang Bima membantu korban Banjir di Kab Bima dengan segera menyalurkan beras Cadangan Beras Pemerintah (CBP)...