Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Ketua LASQI Diminta Kembangkan Potensi Seni dan Kasidah Kabupaten Bima

Mataram, Bimakini.- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, meminta ketua dan pengurus LASQI Kabupaten Bima masa bakti 2021-2025, terus mengangkat dan mengembangkan potensi seni dan kasidah di Kabupaten Bima.

“Kabupaten Bima memiliki potensi sangat bagus di bidang seni dan kasidah. Bahkan kiprahnya sudah merambah tingkat Nasional, mewakili Provinsi NTB dalam berbagai festival LASQI,” kata Hj. Niken, saat melantik pengurus DPW LASQI Kabupaten Bima, di kantor Bupati Bima Godo, Senin (12/4/2021).

Menurut Hj. Niken, potensi ini harus diangkat dan dikembangkan agar bisa bersaing dengan kabupaten yang ada di seluruh Indonesia.

Dalam pembinaan LASQI bukan hanya sekadar lomba di tingkat kabupaten atau provinsi, tapi juga bagaimana pembinaan dilakukan di tingkat kecamatan hingga desa.

“Alangkah indahnya, apabila kesenian tradisional seni Islam dan kasidah dapat diarahkan sebagai alternatif hiburan bagi masyarakat. Sehingga anak-anak, remaja, hingga dewasa mencintai ini. Dan dapat dipentaskan pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan,” katanya.

Di samping kasidah rebana, ada juga kasidah kolaborasi, yang menampilkan seniman tari, suara untuk ikut menampilkan performance yang indah dilihat dan didengar.

“Ini tanggung jawab LASQI, untuk terus memperkenalkan seni Islam dan kasidah,” harapnya.

Untuk itu, sinergi dan kerjasama antar pengurus yang memiliki potensi dan bakat dalam koreografer seni dan kasidah harus terus dibangun dan dijaga.

Ketua TP. PKK NTB ini juga mengapresiasi ketua dan kepengurusan DPW LASQI Kabupaten Bima yang telah memiliki pengurus hingga tingkat kecamatan. Terbukti hari ini, pelantikan pengurus DPW Kabupaten, juga sudah memiliki ketua DPW kecamatan. “Ini tidak terlepas dari tangan dingin ketua LASQI Kabupaten,” pujinya.

Dalam waktu dekat, Provinsi NTB akan menjadi tuan rumah festival LASQI tingkat Nasional. Direncanakan sekitar Oktober 2021.

“Harapannya, Kabupaten Bima dapat menampilkan performance terbaiknya, dengan pengurus baru ini,” tutup istri Gubernur NTB.

Sementara itu, Wakil Bupati Bima, H. Dahlan M. Noer, mengakui bahwa terbentuknya LASQI ini dapat memberikan kemajuan bagi seni dan kasidah di Kabupaten Bima.

Menurut dia, ini harus menjadi perhatian bersama. Tujuannya adalah mendongkrak dunia pariwisata di Bima dan NTB pada umumnya. “Apalagi kasidah ini sudah membuming di masyarakat Indonesia,” katanya.

Ketua DPW LASQI Kabupaten Bima, Hj. Rostiati Dahlan, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas keluangan waktu Ketua DPW LASQI Provinsi NTB, yang telah memberikan perhatian kepada pengurus baru.

“Terima kasih kepada Hj. Niken Saptarini, telah bersama kami hari ini,” kata ketua TP. PKK Kabupaten Bima ini.

Ia berjanji akan terus berbenah dan membawa kepengurusan DPW LASQI Kabupaten Bima lebih baik lagi. Dan mensukseskan program pemerintah sesuai leading sektor lembaganya. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melalui Surat Keputusan KPU Kota Bima Nomor: 109/PL.02.2.BA/4/2024 menetapkan, jumlah syarat minimal dukungan bakal Pasangan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.-  Pembentukan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Wali...

Politik

Mataram, Bimakini.- DPD PDI Perjuangan angkat bicara terkait mundurnya H. Lalu Budi Suryata sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTB dan sekaligus sebagai kader Partai...

Peristiwa

Dompu, Bimakini – Setelah bentrokan terjadi antara massa aksi dari Aliansi Tani Menggugat yang menuntut kenaikan harga jagung dengan aparat Kepolisian di Kecamatan Manggelewa...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Setekah mendapat surat tugas sebagai Calon Wakil Wali Kota Bima pada Pilakda 2024, Ketua DPD Golkar Kota Bima, Alfian Indrawirawan, menyebut...