Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Program Ketahanan Pangan, Kodim 1614/Dompu Kembangkan Pertanian Bawang Merah

Letkol INF Ali Cahyono

Dompu, Bimakini.- Guna mendukung program ketahanan pangan nasional, Dandim Kodim 1614/Dompu mencoba mengembangkan pertanian bawang merah di wilayah dataran Kecamatan Kempo dan Pekat.

Pengembangan pertanian bawang merah itu sudah mulai dilakukan jajaran Babinsa dan anggota TNI Kodim 1614/Dompu sejak Desember 2020. Pengembangan itu terutama dimulai dilakukan jajaran Koramil Kempo.

“Jagungkan sudah terkenal, kami mencoba dengan komoditas bawang merah untuk dijadikan program ketahanan pangan. Tahap pertama dimulai Desember 2020 kemarin, sekarang sudah masuk tahap kedua,” ucap Dandim 1614/Dompu, Letkol Inf Ali Cahyono, Kamis (15/4/2021).

Untuk mendukung pengembangan pertanian bawang merah tersebut, Komando atas terus memberikan stimulan kepada anggota dan kelompok tani, terutama alat-alat penunjang pertanian bawang merah maupun bak penampungan air.

“Kemarin Pangdam menginstruksikan masing-masing Kodim untuk memiliki program unggulan. Di belakang Koramil Kempo ada 60 area lahan yang ditanami bawang. Melihat keberhasilan anggota, petani di Kecamatan Kempo sudah mulai tertarik mengembangkan pertanian bawang merah,” terang Dandim.

Dia mengajak seluruh masyarakat dan petani di Kabupaten Dompu untuk terus mengembangkan pertanian bawang merah. Kata dia, Babinsa dan jajaranya bersedia memberikan pendampingan terutama soal tatacara bertani bawang merah, menanam, merawat hingga memanen.

“Ini hanya butuh waktu dua bulan, dapat hasil yang memuaskan. Penting mengetahui cara merawatnya dengan intens. Intinya kami siap mendampingi petani,” cetusnya.

Sementara di Kecamatan Pekat, jajaran Kodim 1614/Dompu mencoba mengajak petani untuk menanam komoditas tebu sebagai program ketahanan pangan.

“PT. SMS telah bersedia menyediakan bibit dan membeli tebu hasil tanaman petani, tinggal kemauan petani saja,” uraiannya. AZW

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Seorang suami asal Dusun Sorilandi, Desa Soriutu, Kecamatan Manggelewa, membacok istrinya yang sedang berbaring. Kasus tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-Personel Polres Bima Kota yang bertugas pada sejumlah Pos Pengamanan (PAM) dan Pos Pelayanan (YAN) di wilayah hukum Polres Bima Kota, membagikan...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Diduga melakukan pengeroyokan dan penganiayaan terhadap Apriansyah (16) asal dusun Pelita, Desa Mbawi, Kecamatan Dompu hingga kritis. Empat terduga pelaku yang...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Polsek Langgudu membubarkan aksi Pungutan Liar (Pungli) oleh sekumpulan anak muda di Jalan Lintas Tente Karumbu, tepatnya di tempat wisata Sori Na’e...