Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Silva Iza dan Syarifah dari Dompu, Juara II Lomba Cerita Wastra NTB

Silva dan Syarifah foto bareng dengan Gubernur NTB dan Istri Gubernur.

Mataram, Bimakini.- Silva Iza Azizah dari Kabupaten Dompu berhasil meraih juara kedua pada Lomba Cerita Wastra NTB. Pada Lomba tersebut, Silva Iza menggandeng model Syarifah Aisyah. Duo asal Dompu ini membawakan Tenun Tembe Nggoli dan Munapa’a khas Dompu.

Secara keseluruhan, NTB sukses menggelar acara Lomba Cerita Wastra 2021 ini. Para juara terpilih pun, termasuk dari Dompu, selanjutnya akan melenggang ke tingkat Nasional.

“Kami harapkan para pemenang mampu memperkenalkan kecantikan dan keeksotisan wastra atau kain tradisonal khas NTB pada seluruh masyarakat Indonesia,” kata Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, saat menggelar acara sesi foto bersama pemenang di Ruang Kerja Gubernur, Rabu (14/4/2021).

Sesi foto bersama tersebut, juga dihadiri oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah. Sehingga duo pemenang dari Dompu itu berkesempatan juga foto bersama Gubernur.

“Alhamdulillah, dengan diselenggarannya lomba ini dapat meningkatkan kebanggaan pemakaian kain tradisional NTB dan memasyarakatkan kembali wastra daerah kita,” jelas Bunda Niken, sapaan akrabnya.

Ketua Dekranasda NTB yang juga sebagai Bunda PAUD Nasional tersebut, memaparkan terkait Lomba Cerita Wastra 2021. Lomba ini digelar oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Lomba ini digelar di Tingkat Provinsi kemudian pemenangnya akan kembali bertarung di tingkat Nasional.

Kegiatan yang digelar secara daring ini bertujuan untuk memperkenalkan Wastra (kain tradisional) dalam bentuk kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional, yang kemudian dirangkaikan dengan narasi “Aku dan Kain”. Dimana para peserta harus menceritakan relasi pribadinya dengan kain tersebut, sejarah hingga proses pembuatannya agar masyarakat dapat mengenal lebih dekat.

Provinsi NTB sendiri menyelenggarakan Lomba ini selama dua minggu dan diikuti oleh 50 peserta dari Pulau Lombok dan Sumbawa.

“Saya berbangga karena antusias masyarakat NTB cukup besar dalam mengikuti lomba ini. Dekranasda Kabupaten dan Kota ikut berpartisipasi bahkan diikuti selebgram lokal. Semoga ini bisa meningkatkan awarness masyarakat NTB,” turur Bunda Niken.

Pemenang Lomba Cerita Wastra Provinsi NTB, juara 1 adalah Baiq Dewi Septemi. Perempuan yang menetap di Kediri, Lombok Barat tersebut, mengkreasikan Tenun khas Lombok Barat, dengan atasan Lambung yang dikombinasikan dengan kain Tenun Mareje ditambahkan kain Tile, agar lebih milenial dan bawahan kain Tenun Gumise motif gerimis.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sedangkan juara 3 diraih oleh Sri Mila Hardiana. Melalui UKM Ana Tenun Sukarara, ia membawakan kain Motif Songket Lolo Jagung khas Sukarara. Dan, juara favorit adalah, Ina Pariska, yang membawakan Kain Songket Kiping Jempiring khas Desa Sukarare Lombok Tengah. PUR

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Guna memastikan pengunjung objek wisata di wilayah Kecamatan Pajo, taat menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dan aman. Kapolsek Pajo, IPTU Abdul...

Peristiwa

Mataram, Bimakini. – Budaya Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sangat beragam. Mulai dari seni tari, pewayangan, alat musik tradisional hingga sistem penanggalan atau...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Diduga mencuri emas saat korban berangkat shalat Idul Fitri 1442 H, seorang pemuda (21) asal Dusun Ketontembi, Desa Karamabura, Kecamatan Dompu...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.-  Karena masih dianggap baru dan belum beredar luas di tengah-tengah masyarakat, sejumlah pedagang menolak uang kertas Rp75 ribu dari konsumen. Kenyataan itu...