Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Tahun 2021, Dinsos Kota Bima Perbaiki DTKS KPM Sebanyak 9.225 KK

Drs. H. Muhidin

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Sosial (Dinsos) menerima surat perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial sebanyak 9.225 KK.

Kadis Sosial Kota Bima, Drs. H. Muhidin, mengatakan perbaikan data dilakukan karena sejak tahun 2011 dikenal dengan istilah Basis Data Terpadu (BDT). Namun saat ini sudah jadi DTKS.

“Dengan pergantian istilah tersebut, banyak NIK Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak terkoneksi dengan data Kemensos. Selain itu, ada juga KPM meninggal, habis kompenen, masuk usia lanjut dan lainnya,” katanya, Rabu (14/4/2021).

Muhidin menjelaskan, DTKS yang diperbaiki yaitu KPM dari tiga kategori penerima bantuan, terdiri dari BST, BPNT dan PKH. Setelah diperbaiki dan dipastikan tidak bermasalah, dikirim kembali ke Kemensos.

“Dari 9.225 KK yang diperbaiki, Dinsos belum bisa pastikan akan keluar lagi bantuan atau tidak. Sebab, setelah dilakukan perbaikan, sepenuhnya data dikirim ke Kemensos dan mereka yang punya keputusan untuk menetapkan terima bantuan atau tidak,” ujarnya.

Sementara untuk KPM BPNT, kata Muhidin, penerimaan sembako yang mengandung tiga komponen yaitu, karbohidrat, hewani dan nabati akan ambil melalui Elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong).

“Untuk menghadirkan tiga komponen sesuai kebutuhan KPM, e-Warong bisa belanja sendiri dan juga bisa kerjasama dengan penyedia barang atau distributor,” imbuhnya.

Peran Dinsos dalam menyukseskan program BPNT, selalu memantau penyaluran sembako oleh e-Warong. Namun, Dinsos tidak memiliki wewenang untuk mengatur kerjasama e-Warong dengan pihak manapun. Bahkan, Wakil Walikota Bima tidak penah berikan perintah untuk memberi rekomendasi atau arahkan Dinsos supaya agen e-Warong belanja sesuai keinginan Pemerintah.

“Tapi, bagi agen e-Warong yang terdaftar sebagai PNS, pegawai Bank, TNI dan sejenisnya, BRI harus tegas ambil kembali mesin edisinya supaya tidak beroperasi lagi,” pungkasnya. ILY

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Guna memastikan pengunjung objek wisata di wilayah Kecamatan Pajo, taat menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dan aman. Kapolsek Pajo, IPTU Abdul...

Peristiwa

Mataram, Bimakini. – Budaya Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sangat beragam. Mulai dari seni tari, pewayangan, alat musik tradisional hingga sistem penanggalan atau...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Diduga mencuri emas saat korban berangkat shalat Idul Fitri 1442 H, seorang pemuda (21) asal Dusun Ketontembi, Desa Karamabura, Kecamatan Dompu...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.-  Karena masih dianggap baru dan belum beredar luas di tengah-tengah masyarakat, sejumlah pedagang menolak uang kertas Rp75 ribu dari konsumen. Kenyataan itu...