Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Peserta Didik, SMAN 3 Kota Bima Hadirkan Guru Tamu

SMAN 3 Kota Bima hadirkan guru tambu untuk muatan lokal.

Kota Bima, Bimakini.- Untuk meningkatkan kualitas peserta didik, SMAN 3 Kota Bima Rabu  (21/4) mengundang guru tamu dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Bima, Munawar Sulaiman, M.Pd. Tujuannya adalah untuk memberikan penyegaran bagi para siswa karena dibimbing langsung oleh praktisi yang profesional.

Selain itu, dengan adanya guru tamu rofesional siswa dapat memperoleh pendalaman materi yang up to date baik teorinya maupun praktiknya.

Kepala SMA Negeri 3 Kota Bima, Drs. Syaiful, MPd mengatakan, kali ini sekolah mendatangkan guru tamu terkait materi Muatan Lokal (Mulok) yang membahas tentang peradaban lokal di Bima. Menurutnya, terkadang siswa  jenuh dengan materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya di sekolah. Kejenuhan ini dapat menghambat proses penerimaan materi pelajaran yang diajarkan.

Karena itu, diperlukan pergantian suasana baru untuk meningkatkan minat belajar siswa, salah satunya adalah dengan mengadakan guru tamu. “Dengan mengundang guru dari luar sekolah, diharapkan bisa mengurangi kejenuhan yang dirasakan siswa saat belajar, sehingga bisa meningkatkan mutu peserta didik yang dihasilkan,” ujarnya.

Guru tamu adalah program pembelajaran dimana para siswa akan diajar oleh instruktur yang berasal dari luar sekolah. dimana guru tamu yang diundang kali ini adalah instruktur profesional dari Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima, Munawar Sulaiman, M.Pd.

Saat menyampaikan materi Munawar mengatakan bahwa Aksara Bima adalah salah satu bagian dari peradaban lokal kebanggaan masyarakat Bima yang menunjukkan tingginya peradaban masyarakat Bima sejak zaman dahulu. Aksara Bima tersebut harus dilestarikan agar tidak punah. “ Dengan adanya materi pengenalan seperti ini diharapkan dapat menarik minat siswa untuk ikut mempelajari aksara Bima, sehingga tidak punah,” katanya. (K05)

Share
  • 37
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Guru dan Pegawai serta Dharma Wanita SMA Negeri 3 Kota Bima mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Sabtu (8/5/2021). Kegiatan yang...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Julukan Kartini masa kini rasanya tepat disematkan pada seorang ibu guru Cantik yang mengabdi di SMA Negeri 3 Kota Bima, Suhada,...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pasca-bencana banjir di Kabupaten Bima, Jumat (2/4), berbagai pihak  membantu korban. Termasuk oleh SMAN 3 Kota Bima. Penyaluran bantuan Sabtu (3/4)...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Di era globalisasi dan perkembangan zaman yang makin maju, sekolah terus dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang keagamaan. Banyak hal...