Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

TNI dan Polri Siap Kembalikan Fungsi Hutan, Tidak Ada Tolerir Bagi Pembalak Liar

Brigjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani SSos SH MHan

Bima, Bimakini.- TNI dan Polri berkomitmen mendukung penuh program pemerintah terkait proses larangan pembalakan liar, hal itu dilakukan untuk mengembalikan fungsi hutan. Bagi siapa pun pelaku pembalakan liar, tidak ada tolerir dan yang pasti akan ditindak tegas.

“Siapa pun pelaku pembalakan liar akan ditindak tegas, termasuk prajurit TNI dan Polri,” ujar Komandan Korem (Danrem) 162/WB Brigjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani SSos SH MHan, saat dikonfirmasi di halaman Kantor Kecamatan Bolo, Senin (5/4).

Sesuai Perbub, tidak boleh kayu keluar dari wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), akan tetapi dalam hal ini sangat dibutuhkan kesadaran masyarakat. Karena munculnya bencana seperti ini ulah masyarakat sendiri.
“Untuk mengembalikan fungsi hutan butuh kesadaran bersama, sehingga tanggung jawab menjaga hutan adalah tanggung jawab seluruh masyarakat dan komponen yang ada,” ungkapnya.

Sambungnya, aturan soal pengawasan pemanfaatan hutan dan kayu saat ini semakin ketat. Menindaklanjutinya, sebut Danrem, kita akan lebih ketat dalam pengawasan dan untuk tehnisnya akan dibicarakan lebih detail dengan unsur terkait,” tegasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal SIK MH menyampaikan, terkait penyebab banjir di wilayah Bima sedang diinvestigasi. Itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang sama di kemudian hari.
“Jika ditemukan ada unsur pidana, akan ditindak tegas,” tegasnya.

Terkait maraknya aksi pembalakan liar yang terjadi akhir – akhir ini, hal itu sedang diinvestigasi. Jadi apapun hasilnya nanti akan disampaikan ke publik.
“Prinsipnya kita tidak akan memberi ruang bagi pelaku illegal loging, siapa pun orangnya akan ditindak tegas,” tutupnya.(BE07)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
  • 2.6K
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.- Prihatin dengan kondisi hutan saat ini, Ketua Komisi I DPRD  Kabupaten Dompu, Ir Mutakun mengajak semua pihak bahu membahu melakukan penyelamatan hutan....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, akan membangun 185 unit rumah khusus untuk masyarakat terdampak bencana banjir tahun...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Momen bulan Ramadan benar-benar dimanfaatkan Komandan Resort Militer (Danrem) 162/WB Brigadir Jenderal Ahmad Rizal Ramdani S.Sos, SH, M.Han. Kali ini, menyerahkan bantuan...